16/06/2024

Dispora Seleksi Pemuda Kaltim 2023, Cetak Generasi Unggul dan Berkarakter

0
Dispora Kaltim-Pemuda Prestasi 2023

Agus Hari Kesuma (empat kiri) didampingi Bahri (tiga kiri) dan panitia Seleksi Pemuda Prestasi Kaltim 2023

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Seleksi Pemuda Prestasi Tingkat Kaltim 2023 di Kota Samarinda. Acara yang dipusatkan di Hotel Aston Lantai 17 Jalan P Hidayatullah Samarinda ini dijadwalkan berjalan 2 hari. Dibuka Selasa (5/12/2023) sampai Rabu (6/12/2023) dengan diikuti oleh 52 peserta dari perwakilan Kota/Kabupaten se-Benua Etam.

BANKALTIM EMAS

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK), dalam pembukaan secara resmi acara menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Karena acara tersebut sebagai bagian dari amanat pemerintah provinsi. Yakni untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di wilayah Kaltim.

“Bahwa ancaman narkoba sebagai musuh utama. Oleh karenanya dirinya mengajak para peserta, dan yang terpilih sebagai duta. Untuk memahami secara mendalam masalah narkoba,” jelas AHK dalam sambutannya.

Ditambahkan AHK, bahwa ada catatan penting Indonesia dalam situasi genting. Yakni menghadapi tantangan baru dan sedang mengadakan revolusi sosial, budaya serta ekonomi. Jadi pihaknya berpesan bahwa peserta dan semua pemuda harus berperan aktif dalam mengatasi situasi tersebut. Melalui berbagai aktivitas positif dan membangun.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri yang juga ketua panitia acara menjelaskan. Bahwa kegiatan hari ini adalah Seleksi Pemuda Prestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023. Dengan dilakukan beberapa selekasi di 4 kategori. Diantaranya kategori Konten Kreator (Pemuda Anti Hoax), Pemuda Karang Taruna, Pemuda Kesadaran Bela Negara dan Pemuda Anti Narkoba.

“Kami harapkan, peserta dapat menjadi pemuda terbaik. Yakni bisa endukung pembangunan kepemudaan merata di Kalimantan Timur,” ujar Bahri.

Diuraikan Bhari, terkait lomba yang kategori Konten Kreator (Pemuda Anti Hoax) pada acara itu, peserta ditekankan bisa memiliki pemahaman yang baik. Terutama terkait Undang-Indang ITE setelah menyelesaikan pendidikan seleksi tersebut.

Para peserta dari kaum muda di Kaltim tampak semangat mengekspresikan keahlinyaanya di depan juri

“Twmtunya kegiatan ini sangat penting. Karena sebagai kesempatan bagi pemuda Kaltim untuk berkiprah di bidang keahliannya masing-masing,” tegas Bahri lagi.

Ditambahkan Bahri, bahwa kegiatan ini bukan dilaksanakan sekadar satu kali saja. Tetapi akan dijadwalkan rutin berlanjut kesinambungan setiap tahunnya. Karena dinilainya kegiatan tersebut semagat positif dan banyak sekali manfaatnya. Yakni memberikan wadah bagi pemuda yang memiliki kreativitas, bakat dan talenta. Untuk mengejar karir di bidang kepemudaan.

“Kami beri wadah dan fasilitasi pemuda berbakat prestasi di Kaltim yang diwakili oleh total 52 peserta yang terdaftar ini. Agar mereka berasal dari pemuda yang tinggal di Kaltim atau memiliki domisili di wilayah Kaltim ini bisa berkembang sesuai keahlianya,” terang Bahri.

Adapun Kegiatan ini terbuka untuk semua pemuda di Kaltim dengan berbagai bakat. Di tegaskan Bahri pemang juara tidak berfokus pada hadiah uang. Tetapi akan diberikan penghargaa. Yakni pemenang terbaik setiap kategori akan menerima reward untuk studi tiru ke Pulai Dewata- Bali.

“Para peserta cukup beragam mengekpresikan keahlinya dalam seleksi. Keberagaman ini menciptakan sebuah wadah untuk menyalurkan bakat dan prestasi bagi anak-anak muda di Kaltim,” pungkas Bahri. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan