16/06/2024

PAMA ABKL Latih 5 Desa di Kukar Jadi Tim Relawan Tanggap Bencana Kebakaran

0
PAMA ABKL Latih 5 Desa di Kukar Jadi Tim Relawan Tanggap Bencana Kebakaran

PAMA ABKL Latih 25 peserta dari 5 Desa di Loa Janan Kukar Jadi Tim Relawan Tanggap Bencana Kebakaran

AspirasiNews.id, Loa Janan– PT Pamapersada Nusantara (PAMA) terus berupaya untuk memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar perusahaan. Yakni melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan secara berkelanjutan. Program CSR tersebut merupakan wujud dari misi PAMA untuk menjadi bagian dari masyarakat. Terutama tempat PAMA beroperasi.

BANK KALTIM KPR

Kali ini PAMA Distrik ABKL merangkul para tim relawan bencana desa binaan yang ada disekitar. Melaksanakan program CSR berupa Pelatihan Tim Tanggap Bencana Desa (TTBD) yang diadakan di Kantor Camat Loa Janan Kutai Kartanegara (Kukar) pada Rabu (20/12/2023).

Peserta kegiatan pelatihan tersebut adalah perwakilan tim relawan bencana dari 5 desa. Diantaranya Desa Batuah, Desa Purwajaya, Desa Loa Duri Ilir, Desa Loa Duri Ulu dan Desa Bakungan. Total keseluruhan peserta sebanyak 25 orang.

PAMA ABKL Latih 25 peserta dari 5 Desa di Loa Janan di Kukar Jadi Tim Relawan Tanggap Bencana Kebakaran dengan Apar

Acara makin berkesan, karena dibuka oleh Camat Loa Janan, Hery Rusnadi didampingi manajemen PAMA ABKL. Diantaranya, Yohanes Nadapdap Departenent Head SHE, Johannes Siregar CSR, Damin Section Head. Tak ketinggalan dari Emergency Rescue Team (ERT) PAMA ABKL yang menjadi narasumber kegiatan pelatihan tersebut.

Pelatihan makin berkesan, karena dibuka oleh Camat Loa Janan, Hery Rusnadi didampingi manajemen PAMA ABKL.

Hery Rusnadi dalam sambutannya mengapresiasi dan berterima kasih banyak kepada PAMA ABKL atas perhatian yang diberikan. Khususnya kepada tim relawan bencana desa yang ada di wilayah kecamatannya. Karena diketahui angka kasus musibah kebakaran di daerah Loa Janan ini termasuk cukup tinggi. Dirinya berpesan agar materi yang disampaikan pada kesempatan tersebut bisa diserap secara maksimal oleh peserta. Sehingga ilmunya menjadi bekal yang berharga bagi teman-teman relawan bencana di tiap desa.

“Kami mewakili pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Karena ini manfaatnya sangat bagus sekali. Kami berharap hal ini dapat menjadi contoh bagi perusahan-perusahaan lain yang ada di wilayah Loa Janan dan Kukar,” jelas Rusnadi.

Peserta antusias menyimak pemaparan materi in class dan praktek outdoor metode seperti bantuan hidup dasar selain tata cara pemadaman api menggunakan Apar.

Yohanes Nadapdap perwakilan manajemen PAMA ABKL menyampaikan, bahwa pelatihan ini manfaatnya sangat banyak. Sehingga para tim relawan bisa fokus untuk dapat menyerap materi sebaik mungkin dari para tim ERT PAMA ABKL. Karena agenda training tersebut dijadwalkan akan dilanjutkan dengan penyampaian materi in class dan praktek outdoor metode. Yakni bantuan hidup dasar serta pemadaman api dengan menggunakan alat api ringan (Apar) dan peralatan pertolongan lainnya.

“Teman-teman relawan merupakan tim yang bergerak dengan panggilan hati untuk melaksanakan penyelamatan aksi kemanusiaan. Disamping itu kita bersyukur karena adanya kegiatan ini perusahaan dapat menjalin serta mempererat silaturahmi. Khususnya dengan desa sekitar wilayah operasional,” ujar Yohanes.

Peralatan berupa pemadam apar, life vest serta ring buoy diberikan untuk menunjang kebutuhan lapangan tim relawan

Tambah Yohanes, acara pelatihan in class dan praktik outdoor dari CSR PAMA ABKL ini secara simbolis dilakukan serah terima bantuan peralatan. Dari PAMA ABKL kepada masing-masing tim relawan tanggap bencana desa. Berupa alat pemadam apar, life vest serta ring buoy untuk menunjang kebutuhan lapangan tim relawan.

Senada juga disampaikan oleh Johannes Siregar CSR PAMA ABKL. Bahwa pelatihan tim tanggap bencana desa ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Terutama akan pentingnya kesiap siagaan dalam menghadapi keadaan darurat yang bisa terjadi kapan saja serta dimanapun.

PAMA ABKL terus berupaya untuk memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar perusahaan melalui berbagai program CSR

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan penyelamatan. Sehingga peserta dapat mengaplikasikan ilmunya dalam menghadapi situasi darurat yang tidak bisa diprediksi kedepannya. Dengan begitu kemanan masyarakat terhadap bencana musibah kebakaran dapat diminimalisasi dan dicegah dengan tindakan tepat guna,” pungkas Johannes Siregar. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan