27/02/2024

Program Kepemudaan Dispora Fasilitasi Generasi Muda Kaltim Berkreativitas

0
Dispora Kaltim

KABID Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading (kemeja putih kanan) mewakili Kadispora Kaltim, AHK (kiri) akan terus fasilitasi pemuda dengan berbagai pelatihan kepemimpinan untuk tingkatkan indeks pembangunan pemuda di Benua Etam.

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Pemuda adalah aset generasi penerus bangsa. Jadi harus dilakukan pembinaan agar meraka tidak salah arah dan bisa menyalurkan energi melalui kreativitas sesuai wadah yang tepat. Untuk menampung aktivitas dan talenta muda di Bemua Etam ini ada namanya Program Kepemudaan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim. Yakni merupakan program yang sangat penting dalam proses peningkatan indeks pembangunan pemuda.

BANKKALTIM DG

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading megataka, dalam proses pengembangan pemuda tersebut tidaklan mudah. Juga tidak sedikit terdapat kendala yang ditemui dalam menjalankan program tersebut. Bahkan masih banyak pemuda yang mengaku kesusahan saat ingin berkomunikasi kepada pihak Dispora. Terlebih untuk mendapatkan dan ikut dalam Program Pengembangan Pemuda tersebut.

“Kami melihat ternyata masih banyak pemuda mengaku cukup kesusahan ketika ingin berkomunikasi kepada kami. Padahal kami selalu terbuka,” kata Rasman, Senin (20/11/2023).

Rasman juga menyebutkan masih banyak menemukan pemuda yang kurang dalam jiwa kepemimpinan. Bahkan tidak tertarik sama sekali dengan dunia politik. Padahal politik ini sebagai jembatan untuk belajar membuka wawasan ilmu di berbagai bidang. Tidak hanya dalam bermasyarakat, tetapi juga dalam kepemimpinan dalam kehidupan berkeluarga.

“Jadi, minat mereka kurang disitu, kita sesuaikan saja dengan inovasi kebutuhan saat ini. Tetapi kita harus ingatkan. Supaya pemuda itu tidak mudah menerima informasi yang belum tentu benar adanya,” urai Rasman.

RASMAN Rading (tiga kiri) bersama pejabat di lingkungan Dispora Kaltim selalu terbuka untuk berdiskusi dengan pemuda untuk pengembangan indeks kepemudaan

Melihat kondisi tersebut, ia merasa prihatin dan menekankan pentingnya pendidikan karakter. Sehingga mempunyai pendirian dan kemandirian yang kuat serta tidak mudah terprovokasi.

Dirinya juga berpesan kepada generasi muda milenial saat ini. Agar tak segan jika ingin berkomunikasi dengan pihak Dispora Kaltim. Karena pentingnya dialog antara pemerintah dengan mahasiswa untuk mencari formula tepat. Sehingga bisa saling sinergi antara kebutuhan pemuda dan program dari pemerintah melalui Dispora.

“Maka dari itu tentu kita persilahkan bagi generasi muda Kaltim. Kita beri fasilitas pendidikan karakter sejak dini guna mencetak mereka jadi pemuda yang bisa giat berorganisasi,” seru Rasman. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan