17/04/2024

Tiga Perusda Kaltim Dapat Penambahan Penyertaan Modal, Harus Berdampak pada Dividen Seimbang

0
Seno Aji

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda-Tiga Perusahaan Daerah (Perusda) di Kaltim patut bergembira. Karena ketiga perusahaan ini pengajuan penambahan penyertaan modal di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023 telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim. Penambahan penyertaan modal ini diharapkan dapat memberikan dampak sumbangan deviden yang cukup seimbang kepada daerah. Harapan itu diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji belum lama ini.

BANKKALTIM DG

“Ketiga Perusda yang mendapat penyertaan modal dari APBD-Perubahan 2023 ini diantaranya. PT Jamkrida, PT Melati Bhakti Satya (MBS), dan PT Bank Pembangunan Daerah (BPD),” jelas Seno Aji.

Urai Seno, besaran penambahan penyertaan modal ketiga Perusa itu rinciannya berfariasi. Seperti PT Jamkrida menerima Rp 100 miliar, PT Melati Bhakti Satya (MBS) sebesar Rp 18,8 miliar dan PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara sebesar Rp 3,55 triliun.

“jadi total penambahan penyertaan modal yang dialokasikan dalam APBD Perubahan 2023 pada ketiga Perusda Kaltim ini adalah Rp 3,67 triliun,” ujar Seno Aji.

Seno Aji mengatakan, penambahan penyertaan modal harus diimbangi dengan dividen yang signifikan bagi Kaltim. Ia juga meminta para Perusda untuk menjelaskan penggunaan anggaran yang telah diberikan.

“Penyertaan modal di APBD Perubahan 2023 ini terbesar pada Bank KaltimTara mencapai Rp 3,5 triliun. Untuk kedua Perusahaan daerah lainnya nilainya juga cukup. Saya mohon bersama-sama untuk menjelaskan penggunaan anggaran yang telah dialokasikan,” ucap Seno.

Legislatir Gerindra ini juga menyampaikan rasa syukurnya atas kenaikan anggaran tahun 2023 ini. Tentunya hal itu berdampak pada pembangunan Kaltim secara keseluruhan. Diungkapkannya bahwa APBD Perubahan 2023 ini mengalami peningkatan sebesar Rp 8,12 triliun dari semula Rp 17,2 triliun. Jadi total besaran APBD Kaltim 2023 adalah Rp 25,32 triliun. Angka itu merupakan nilai tertinggi dalam sejarah.

“Kami bersyukur atas kenaikan anggaran tahun 2023 ini. Tentunya kenaikan ini berdampak pada pembangunan Kaltim secara keseluruhan,” pungkas Seno Aji. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan