21/02/2024

Dispora Ajak Peserta Perkemahan Barasaka 2023 Mandiri dan Gali Potensi Diri

0
Dispora Kaltim-Pramuka

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri saat menyematkan pin pada perwakilan peserta pramuka Barasaka 2023 di Bontang

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Perkemahan Barasaka 2023 di Buperta Taman PKK, Kota Bontang ditutup pada Sabtu (18/11/2023). Acara penutupan ini dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Bahri. Diketahui dirinya mewakili Kepala Dispora Provinsi Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK). Kegiatan Perkemahan Barasaka ini diresmikan langsung oleh Basri Rase selaku Wali Kota Bontang. Basri juga mejabat sebagai Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka (MP-GP) Kaltim.

BANK KALTIM KPR

Diinformasikan Perkemahan Barasaka ini, berlangsung selama 4 hari. Dimulai sejak 15 hingga 18 November 2023. Sedikitnya dihadiri oleh 340 peserta dari enam kontingen. Pertama dari kontingen Bontang sendiri dan lima kontingen dari luar. Seperti Berau, Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegera (Kukar), dan Kutai Timur (Kutim).

“Kegiatan Pramuka ini bertujuan untuk melatih generasi muda dalam mengembangkan potensi diri secara maksimal. Pengembangan potensi diri ini meliputi aspek intelektual, spiritual, sosial, dan fisik,” jelas Bahri (18/11/2023).

Ditambahkan Bahri, bahwa Perkemahan Barasaka menjadi momen penting. Terutama dalam membentuk kepribadian yang luhur. Juga untuk menanamkan rasa cinta akan tanah air dan bangsa di kalangan generasi penerus.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen dalam meningkatkan kualitas anggota pramuka di altim. Juga untk mendorong implementasi program kerja yang berkesinambungan. Sehingga bisa membantu pemerintah dalam melakuan pembinaan pemuda melalui kegiatan kepramukaan.

Bahri (duak kanan) bersama pembina dan panitia di perkemahan Barasaka Pramuka 2023 Bontang

“Pramuka menjadi wahana luar biasa untuk menanamkan nilai-nilai positif. Juga keterampilan, dan rasa tanggung jawab sosial pada generasi penerus bangsa,” beber Bahri.

Bahri juga berpesan pada peserta untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara. Serta, ia berharap agar kegiatan semacam ini tidak hanya terjadi sekali. Melainkan bisa diadakan berkelanjutan dan terus berkembang dengan konsep yang berbeda.

“Mari taati aturan yang ada untuk menciptakan pengalaman yang berkesan. Dan, semoga kegiatan kepramukaan di Bontang ini terus beragam dan menginspirasi,” harap Bahri. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan