28/02/2024

Narkoba Ancaman Serius Generasi Muda, DPRD Ajak Masyarakat Aktif Lakukan Pengawasan di Daerahnya

0
Ali Hamdi

Ketua Fraksi PKS DPRD Kaltim, Ali Hamdi

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Penyalah gunaan Narkotika dan perdaran gelap obat-obatan terlarang di Kaltim dinilai cukup mengkhawatirkan. Karena hingga saat ini dinilai berbagai pihak masih menjadi masalah yang belum dapat diatasi. Keresahan itu dapat dilihat dari tingginya pengungkapan berbagai kasus mengenai barang haram ini di daerah-daerah Benua Etam.

BANK KALTIM KPR

Ali Hamdi, Ketua Fraksi PKS DPRD Kaltim ikut mengungkapkan kegelisahaan masa depan para generasi bangsa ini akan suram saat terkontaminasi narkoba. Dikatakannya kecenderungan peredaraanya di Kaltim masih tinggi. Bahkan ada beberapa kasus narkoba ini melibatkan generasi muda. Jadi maslaah itu perlu menjadi perhatian serius.

“Ini karena hukum dagang. Yakni barang beredar karena adanya permintaan pasar. Hal ini juga berlaku untuk narkoba,” ucap Ali Hamdi belum lama ini.

Anggota Komisi III DPRD Kaltim ini menuturkan, bahwa narkoba ini diakuinya menjadi ancaman serius bagi generasi muda. Karena narkoba dapat merusak masa depan generasi muda. Terutama secara fisik, mental, maupun moral. Karena yang mengkonsumsinya akan merasa ketergantungan. Terlabih akal kesadaranya tidak terkontrol. Hal ini diyakini juga pemicu terjadinya aksi kriminalitas.

“Generasi muda merupakan harapan bangsa. Kalau sampai terjerumus, maka masa depannya suram. Terlebih masa depan bangsa Indonesia juga turut terancam,” tegas Ali Hamdi.

Diuraikan Ali, bahwa pemerintah bersama instansi terkait tidak tinggal diam. Yakni telah melakukan berbagai upaya nyata. Secara persuasif dengan sosialisasi maupun hukuman bagi yang tertangkap. Yakni pemerintah bersama pihak kepolisian tidak henti memberantas narkoba ini. Tetapi, upaya tersebut juga belum memberikan efek jera bagi para pelaku.

“Upaya memerangi narkoba tidak dapat diserahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib. Keterbatasan personel menjadi kendala. Sehingga diperlukan peran serta seluruh pihak. Terutama dalam memberikan informasi dan pengawasan di lingkungan masing-masing,” urai Ali Hamdi lagi.

Politisi PKS ini juga mengajak masyarakat untuk tidak ragu memberikan informasi kepada kepolisian. Terlebih jika di lingkungannya terindikasi adanya peredaran narkoba. Jadi saat ada informasi bisa segera dilaporkan agar segera mendapat penganganannya.

“Artinya, masyarakat juga harus berperan aktif dalam memerangi narkoba. Ayok kita harus bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba,” ajak Ali Hamdi. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan