13/07/2024

Dispora Perkuat Karakter Pembangunan Pemuda Kaltim, Adakan Seminar Character Building

0
Dispora Kaltim-Seminar Character Bulding Pemuda

Suasana seminar character building, di Hotel Mega Lestari Balikpapan.

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim kembali mengadakan seminar character building bagi puluhan pemuda. Kali ini acara dilaksanakan di Hotel Mega Lestari Balikpapan, Rabu (15/11/2023). Seminar tersebut dalam rangka mencetak karakter pembangunan pemuda di Kaltim. Kegiatan mengambil tema “Kenali Dirimu dan Kenali Suksesmu,” ini menghadirkan dua narasumber. Yakni Anggota DPRD Kaltim Fitri Maisyaroh, dan Pengamat Pemuda, Nurdiansyah.

BANK KALTIM KPR

Puluhan peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa di Kota Minyak tersebut terlihat begitu antusias. Banyak materi yang diberikan oleh pemateri pada peserta yang berlangsung selama dua hari itu. Dibuka Kamis 16 November 2023.

“Saat ini diketahui banyak orang memiliki daya saing. Tetapi karakter buildingnya atau karakter atitudnya itu rendah. Sehingga kami bangun karakter ini buat  mereka agar mereka memilik daya saing. Juga mereka memilik rasa tanggungjawab sebagai pemuda,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemuda Dispira Kaltim, Rasman Rading.

Rasman Rading mewakili Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) mengatakan, seminar ini diharapkan menghasilkan pemuda yang memiliki daya saing diberbagai macam sektor. Kemudian melalui seminar itu, pemuda mendapatkan bekal yang cukup dan sesuai dengan norma budaya Indonesia. Yang dinilai sipan dan santin serta saling menghargai.

“Jadi dengan pembekalan karakter yang kuat, mereka dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat tidak mudah terpengaruh. Terutama pengaruh negatif buruk dari lingkungan sekitar,” beber Rasman lagi.

Rasman Rading dalam membreikan semangat dalam sambutannya

Rasman juga mengajak para pemuda agar aktif dalam kegiatan organisasi. Seperti OSIS untuk di sekolah dan organisasi kemahasiswaan di kampus. Dinilainya langkah tersebut dapat meningkatkan karakter pemuda dalam mengatur organisasi. Terlebih bisa mengelola kemandirian dan mampu menghargai pendapat orang lain.

“Kalau mereka aktif dalam organisasi, secara otomatis akan mengendors dirinya untuk menjadi pemimpin. Baik itu dibidang usaha, eksekutif, legeslatif jika mereka konsisten,” beber Rasman.

Rasman juga berpesan dan mengusulkan agar seminar ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. Kemudian mengundang komunitas pemuda pelajar dan mahasiswa di Bumi Etam. Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima secara tepat saaaran. Kemudian ilmu yang di dapat oleh pemuda juga sesuai. Karena mendatangkan narasumber kompeten.

“Kegiatan ini sangat bagus dan nanti akan berlanjut di Samarinda, PPU dan daerah lainnya di Kaltim. Dan, perlu diketahui untuk seminar character building ini kali pertama di laksanakan di Balikpapan oleh Dispora Kaltim,” seru Rasman Rading. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan