28/02/2024

UMP Kaltim 2024 di Bahas, DPRD Kaltim Harap Ada Peningkatan

0
Salehuddin

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Upah Minimum Provinsi (UMP) mulai digodok oleh Dewan Pengupahan menjelang kahir tahun ini. Dewan Pengupahan itu terdiri dari berbagai unsur stakeholder. Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, Salehuddin mengharapkan agar adanya peningkatan pada besaran UMP Kaltim di 2024 mendatang.

BANKALTIM EMAS

Dikatakan Salehuddin, proses pembahasan UMP tentunya melalui sejumlah tahapan yang telah ditentukan. Melalui Dewan Pengupahan besaran UMP nasibnya bisa mengalami peningkatan atau justru penurunan. Namun akan pasti ditetapkan. Dirinya meyakini, gabungan sejumlah unsur dalam Dewan Pengupahan akan memberikan hasil yang terbaik sesuai dengan harapan.

”Kami meminta agar pembahasan pada Dewan Pengupahan dapat lebih cepat dalam menggodok besaran nilai UMP Kaltim 2024,” jelas Salehuddin.

Percepatan itu dikarenakan melihat perputaran ekonomi di Kaltim yang mengalami peningkatan. Seiring dengan itu tentunya Salehuddin mengharapkan yang sama. Yakni adanya peningkatan terhadap kesejahteraan para pekerja atau buruh di Kaltim

“Kita mengharapkan adanya keadilan bagi pekerja-pekerja kita. Terutama mengenai upah ini,” ucap Saleh, Kamis (16/11/2023).

Meski Salehuddin tidak mengatakan dengan tegas peningkatan yang diharapkannya. Seperti secara rinci besaran berapa persen, juga tidak disebutkannya. Karena pembahasan dalam Dewan Pengupahan diyakini telah memiliki prosedur. Terlebih perhitungan yang tepat ditinjau dari beberapa aspek.

“Untuk besarannya kami percayakan kepada Dewan Pengupahan. Yang jelas mereka tentunya memiliki ketentuan dalam membahas,” papar Salehuddin lagi.

Legislator Golkar ini berpesan adanya peningkatan pada UMP 2024 Kaltim. Karena hal itu bukan tanpa sebab Ia sampaikan. Namun dirinya menilik adanya kenaikan pada bahan pokok dasar kebutuhan masyarakat. Seharusnya dapat menjadi pertimbangan akan adanya peningkatan UMP 2024 Kaltim.

“Trennya kita lihat tidak ada yang mengalami penurunan, justru mengalami kenaikan. Maka dari itu kami harap adanya peningkatan pada UMP 2024,” pungkas Salehuddin. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan