13/07/2024

Bapemperda Gelar Workshop Penguatan Tim Ahli DPRD Kaltim Susun Raperda dan Perda

0
Salehuddin Anggota Komisi IV DPRD Kaltim

Bapemperda DPRD Kaltim kembali menyelenggarakan Workshop Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Sekretariatan Dewan dipimpin Salehuddin

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Balikpapan- Peningkatkan kemampuan dari tim ahli, maupun Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kaltim dalam hal proses pembentukan Peraturan Daerah (Perda) terus di update. Terlihat Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kaltim kembali menyelenggarakan Workshop Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), Selasa (13/11/2023) di Balikpapan.

BANKKALTIM DG

Peserta dari Workshop ini adalah Sekretaris Dewan, tim ahli, tenaga ahli maupun staff ahli yang memang bertugas membahas Raperda dan Perda di DPRD Kaltim. Fasilitas pembahasan Perda ini pemateri didatangkan dari Kemenkumham Kaltim dan Balai Bahasa Kaltim.

“Kita ingin meningkatkan kualitas tim ahli, tenaga ahli, staff ahli dan sekretaris dewan dalam proses pembentukan perda. Terutama yang berkaitan dengan legal drafting-nya,” jelas Wakil Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Kaltim, Salehuddin saat ditemui media ini pada Kamis (16/11/2023) di Gedung B Kompleks DPRD Provinsi Kaltim, jalan Teuku Umar, Samarinda.

Salehuddin membeberkan bahwa materi yang diberikan pun terkait dengan proses penyusunan Perda. Termasuk beberapa mekanisme-mekanisme dan tahapannya. Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan materi untuk menyelaraskan proses harmonisasi dan penataan bahasa hukum dengan benar.

“Kami yang notabene sebagai anggota DPRD, pastinya kurang begitu paham terkait dengan bahasa-bahasa hukum. Makanya tim ahli lah yang melakukan proses pendalaman. Kalau dari kami paling 1-2 orang saja yang paham. Selebihnya kan background kami beda-beda,” ungkap Salehuddin.

Anggota Komisi IV ini mengatakan, tim ahli adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kinerja-kinerja seorang anggota DPRD. Pasalnya terkadang, anggota DPRD belum bisa mengartikulasi sebuah kebijakan yang didapat dari reses. Kemudian dalam sosialisasi Perda maupun wawasan kebangsaan.

“Staf ahli ini lah yang melakukan semua itu. Bagaimana harapan-harapan masyarakat bisa disampaikan ke DPRD, namun diformulasikan menjadi Perda. Makanya kita bekali mereka dengan pengetahuan yang cukup,” terang Salehuddin lagi.

Politisi Golkar ini akan melaksanakan kegiatan serupa berjenjang. Setiap beberapa bulan sekali. Pihaknya ingin tim ahli betul-betul bisa maksimal membantu kinerja-kinerja anggota DPRD ke depannya. Terutama dalam proses fungsi pembentukan Perda. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan