13/07/2024

Dispora Libatkan Disabilitas, Prestasinya Picu Motivasi Semangat Pemuda Normal di Kaltim

0
Dispora Kaltim-Pelatihan Disabilitas

Dispora Kaltim juga melakukan pelatihan pada peserta disabilitas untuk kecakapan hidup dengan porsi dan ruang sama

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya melakukan pelatihan kecakapan hidup kepada para pemuda di Benua Etam. Pelatihan ini juga dilakukan bagi para penyandang disabilitas di Kaltim. Karena diketahui, bahwa pelatihan kepada pemuda disabilitas tersebut masuk dalam visi-misi Gubernur Kaltim. Sehingga para disabiltas juga difasilitasi untuk mendapatkan ruang dan hak sama dalam mendapatkan pelatihan. Bahkan ada juga cabang olahraga (cabor) khussu penyandang disabilitas hingga kejuaraanya.

BANK KALTIM KPR

“Kita melakukan pelatihan ini sebagai rangkaian dari visi misi gubernur. Kami juga sudah membentuk forum disabilitas Kaltim yang mengayomi para pemuda disabilitas,” jelas Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading mewakili Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK), Jumat (10/11/2023).

Rasman menambahkan, pelatihan kepada pemuda penyandang disabilitas sangat penting dalam kemajuan suatu daerah. Sebab, dengan pelatihan itu, daerah telah membuka ruang kepada mereka yang merasa dipinggirkan. Sehingga mereka bisa merasa lebih diperhatikan oleh pemerintah dan bisa berkiprah melalui kemampuan maupun keahliannya.

“Kami sudah memberikan konsen terhadap pelatihan pemuda penyandang disabilitas di Kaltim. Apalagi forumnya sudah terbentuk juga di beberapa Kabupaten/Kota di Kaltim ini,” terang Rasman.

Selain itu, Rasman mengaku selalu melibatkan pemuda penyandang disabilitas dalam setiap kegiatan mereka. Karena, keterlibatan mereka mampu memberikan edukasi dan semangat kepada masyarakat. Bahwa penyandang disabilitas juga mampu bekerja seperti orang-orang yang dalam kondisi normal.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading.

“Mereka senang saat dilibatkan. Bahkan kami biasa menampilkan hasil karya para pemuda penyandang disabilitas ini,” ujar Rasma lagi.

Urai Rasman, bahkan para penyanang disabilitas ini juga ada yang sukses di bidang usaha, karier dan kejuaraan olahraga. Sehingga keberadaan mereka bisa untuk memotiasi dan memicu semangat bagi masyarakat khususnya para pemuda yang memiliki kondisi normal.

“Semoga dengan seringnya dilibatkannya pemuda penyandang disabilitas ini mambu meberikan manfaat positif. Yakni masyarakat bisa mengubah pola pemikiran mereka mengenai para pemuda penyandang disabilitas,” pungkas rasman Rading. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan