17/04/2024

Rusman Yaqub Ajak UMKM Bertransformasi Manfaatkan Era Digitalisasi untuk Pembayaran dan Pemasaran

0
Rusman Yaqub

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Benua Etam sebagai penopang ekonomi daerah cukup berdampak. Karena dinilai UMKM ini mampu bertahan diberbagai kondisi keuangan yang tidak stabil. Sehingga DPRD Kaltim memberikan perhatian khusus agar bisa terus berkembang dan go internasional.

BANKALTIM CMS

Caranya dengan memanfaatkan era digitalisasi yang semakin pesat berkembang. Otomatis, masyarakat dan para pelaku UMKM dituntut untuk beradaptasi. Karena di era sekarang, digitalisasi di sektor UMKM menjadi suatu hal keharusan dan tak dapat diabaikan.

”UMKM harus bisa memanfaatkan era digital saat ini yang serba canggih dan cepat. Seperti pemasaran, penjualan, promosi berbagai produknya untuk menggaet calon pelanggan harus suda lewat internet. Kemudian sistem pembayarannya juga sdah dimudahkan dengan Qris,” jelas Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub.

Risman menyampaikan, transformasi UMKM adalah langkah mendesak yang harus diambil oleh pelaku UMKM. Agar tidak ketinggalan dengan usaha pendatang seperti waralaab maupun hasil produk daerah lain.

Untuk mencapai level tersebut, dukungan terhadap sarana dan prasarana juga harus menjadi prioritas oleh pemerintah. Agar UMKM di Kaltim merasa diayomi dan diperhatikan.

“Lewat inovasi dan ekosistem digitalisasi, peluang pasar bagi UMKM dapat lebih luas. Mulai dari skala lokal hingga nasional. Bahkan bisa mencapai pasar internasional,” beber Rusman.

Legislator PPP ini menyampaikan, tanggung jawab tidak hanya ada pada pemerintah saja. Kerja sama dengan sektor swasta memiliki peran sentral dalam mewujudkan transformasi ini. Yakni sinergi antara sektor publik dan swasta akan sangat berperan penting. Yakni mampu memberikan manfaat besar dalam menjaga pertumbuhan UMKM di tengah persaingan yang ketat.

“Kemitraan antara pemerintah dan swasta memiliki signifikansi. Karena tidak semua UMKM memiliki akses terhadap sumber daya dan infrastruktur yang memadai,” singgung Rusman.

Di sisi lain, Rusman memberi komentar mengenai program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan maupun pemerintah. Hal ini dianggap sebagai langkah penting dalam mendukung UMKM.

Tetapi, ia juga menyoroti pentingnya pendampingan dalam aspek permodalan. Bertujuan guna meningkatkan kualitas dan jumlah produk yang dihasilkan oleh UMKM.

“Perbankan bisa bekerjasama dengan pemerintah dalam implementasi KUR dalam memastikan akses permodalan yang tepat waktu. Banyak UMKM yang memerlukan bimbingan dalam hal permodalan untuk meningkatkan mutu dan volume produk dengan optimal,” pungkas Rusman Yaqub. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan