28/05/2024

PT Indexim Coalindo Tanam 3 Juta Bibit Bakau di Kukar, Diapresiasi Pj Gubernur Karena Dukung Rehabilitasi DAS Mahakam

0
PT Indexim Coalindo Tanam 3 Juta Bibit Bakau di Kukar, Diapresiasi Pj Gubernur Karena Dukung Rehabilitasi DAS Mahakam

PT Indexim Coalindo Tanam 3 Juta Bibit Bakau di Kukar, Diapresiasi Pj Gubernur Karena Dukung Rehabilitasi DAS Mahakam

AspirasiNews.id, Kukar- PT Indexim Coalindo kembali melakukan penanaman bibit pohon bakau dan penaburan benih udang dalam upayanya rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS). Acara perusahaan yang merupakan pemegang izin Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan (PPKH) dan pemegang izin Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) generasi 2 (dua) ini sedikitnya menyiapkan 3 juta bibit pohon bakau. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Delta Mahakam yang terletak di Desa Salo Palai, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pada Selasa (7/5/2024).

BANKALTIM EMAS

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik didampingi Direktur Konservasi Tanah dan Air (KTA) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Zainal Arifin, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur Joko Istanto. Juga bersama Kepala BPDAS Mahakam-Berau Rintan Nilaywati dan Direktur PT Indexim Coalindo Ricky Gowdjali, bersama-sama melakukan penanaman pohon bakau serta penaburan benih udang tersebut.

Seluruh pejabat PT Indexim Coalindo dan jajaran Pemprov Kaltim bersama siap menanam 3 juta bibit pohon bakau di Desa Salo Palai-Muara Badak-Kukar.

Ya, tiga juta bibit bakau dengan jenis spesies Rhizopora sp ditanam di area seluas 1.000 hektare. Mencakup wilayah Muara Badak dan Anggana. Sedangkan lokasinya, dipastikan merupakan area kritis DAS Mahakam yang secara kontinyu didampingi dan dimonitor oleh UPTD KPHP Delta Mahakam.

Metode penanaman menggunakan pola agro sylvofishery. Yakni menggabungkan pola pertambakan teknologi tradisional antara penanaman pohon bakau dengan usaha perikanan. Karena, kegiatan ini juga dilaksanakan bersamaan dengan penaburan 60 ribu benih udang windu (black tiger shrimp) langsung dengan pakannya.

Direktur PT Indexim Coalindo Ricky Gowdjali saat memberikan sambutan dan pemaparan program di penanaman 3 juta bibit pohon bakau dan penaburan 60 ribu benih Udang Windu.

Direktur PT Indexim Coalindo Ricky Gowdjali mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen dan tanggung jawab sosial PT Indexim Coalindo.

“Terutama untuk berkontribusi memberikan dampak positif bagi lingkungan dan ekonomi masyarakat sekitar,” ucapnya.

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik (rompi cokelat) didampingi Joko Istanto (kanan kacamata) mengapresiasi Ricky Gowdjali karena sudah berkontribusi dalam rehabilitasi DAS dengan penanaman bibit bakau.

Sementara itu, Direktur KTA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, M Zainal Arifin mengapresiasi PT Indexim Coalindo sebagai perusahaan yang memenuhi tanggung jawabnya. Terutama dalam merehabilitasi hutan sesuai aturan yang ditetapkan.

“Keterlibatan aktif para pemegang izin PPKH dapat memberikan kontribusi dalam upaya perbaikan serta pemulihan lingkungan di Kalimantan Timur,” katanya.

Pj Gubernur Akmal Malik dan Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur Joko Istanto, memberikan penghargaan yang tinggi kepada PT Indexim Coalindo. Sebagai perusahaan pemegang izin PPKH yang melaksanakan kewajiban penanaman dalam upaya rehabilitasi DAS.

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik saat memberikan arahan pada jadwal penanaman PT Indexim Coalindo berikutnya di Tahura seluas 4,500 hektar.

Mengingat pada 2024 ini, PT Indexim Coalindo akan melakukan penanaman bakau seluas 1.000 hektare di Delta Mahakam. Kemudian dilanjut penanaman seluas 4.500 hektare di Tahura Bukit Suharto dan Meratus. (***/Adm1)

Tinggalkan Balasan