28/05/2024

Bupati Tausiyah di Masjid Agung Al-Faruq Ramadan Perdana, Ajak Jamaah Perbanyak Ibadah

0
Bupati Kutim Ardiansyah memberikan tausiyah kultum pada ribuan jamaah salat tarawih perdana di Masjid Islamic Center.

Bupati Kutim Ardiansyah memberikan tausiyah kultum pada ribuan jamaah salat tarawih perdana di Masjid Islamic Center.(Ahyar)

AspirasiNews.id, Sangatta- Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman berkesempatan memberikan tausiah di malam perdana salat tarawih di Masjid Agung Al Faruq Bukit Pelangi, Senin (11/3/2024) malam. Momentum ini pun dipadati jemaah yang hadir khusus masyarakat Sangatta. Dalam tausiyah singkatnya, Ardiansyah mengajak seluruh jemaah menyambut bulan yang diberkahi oleh Allah SWT yakni Ramadan dengan suka cita.

BANK KALTIM KPR

“Tentunya ini bulan yang sangat mulia dan spesial dibandingkan 11 bulan lainnya. Ini yang sangat dinantikan seluruh umat muslim dimanapun. Ayo perbanyak ibadah dengan merenungkan makna keutamaan Ramadan,” urai Ardiansyah.

Beliau turut menyinggung ayat dan hadis tentang keutamaan bulan puasa.

“Jadi hal ini menjadi momentum tepat mencari pahala saat Ramadan untuk mendapatkan surga,” jelasnya.

Sebelumnya, untuk diketahui Masjid Agung Al Faruq dalam menyambut Ramada tahun ini menggelar sejumlah agenda kegiatan. Salah satunya kegiatan tausiah perdana salat tarawih diisi pembukaan kultum oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

“Ya alhamdulillah Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman bersedia memberikan tausiahnya,” terang Sekretaris Umum Pengurus Masjid Agung Al Faruq, Yaub Fadillah.

Tidak hanya itu, ditambahkan Yaub, Masjid Agung Al Faruq mampu menampung 12 ribu jemaah, tetapi biasanya untuk kegiatan Ramadan mencapai 1.500-an. Sehingga, jamaah laki-laki maupun perempuan masih cukup memenuhi masjid hingga ke lantai dasar untuk mengikuti salat tarawih.

Untuk diketahui, salat tarawih di Masjid Agung Al Faruq menggunakan 23 rakaat. Kecuali jika ada acara tertentu seperti Nuzulul Quran hanya menggunakan 11 rakaat.

Tak hanya itu, kegiatan lainnya yakni seperti kultum subuh pada 10 malam terakhir Ramadhan.

“Ada peringatan malam Nuzulul Quran, Itikaf 10 hari akhir Ramadan, penerimaan dan pengaluran zakat infak sedekah. Kemudian ada kajian iftar Ramadan hingga kultum tarawih,” urai Yaub. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan