17/04/2024

PAMA ABKL-SMK Bhakti Loa Janan gelar UKK, Tingkatkan Lulusan Unggul Siap Kerja

0
PAMA ABKL-SMK Bhakti Loa Janan Ujian Kompetensi Keahlian

TINGKATKAN kompetensi SDM Kaltim, agar lulusan SMK berdaya saing unggul dan siap kerja oleh PAMA ABKL ditandai UKK Industri oleh asessor dari PAMA.

AspirasiNews.id, Loa Janan- SMK Bhakti Loa Janan bersama PT Pamapersada Nusantara (PAMA) Site ABKL, Senin (26/2/2024) pagi tadi resmi membuka Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) industri Uji Sertifikasi Kejuruan (USK) Jurusan Teknik Alat Berat (TAB). Kegiatan Lembaga Sertifikasi Kejuruan Profesi (P1) ini dijadwalkan di gelar selama 5 hari, ditutup Jumat (1/4/2024) mendatang. Diikuti oleh 151 peserta, terdiri dari 149 siswa dan 2 siswi dari SMK Bhakti Loa Janan. Kegiatan akhir masa sekolah kejuruan itu dipusatkan di Workshop SMK Bhakti Loa Janan, Jalan Soekarno Hatta KM-5, Kukar. Tim assesor atau penilai dari PAMA Site ABKL sebanyak 6 karyawan yang telah mendapat lisensi khusus dari PAMA serta BNSP.

BANK KALTIM KPR

“UKK Industri Jurusan Alat Berat bagi siswa-siswi SMK Bhakti Loa Janan di 2024 bersama industri PAMA ABKL ini untuk dilakukan penilaian oleh master assesor PAMA. Hal ini tentunya untuk menjawab tantangan bahwa lulusan SMK siap terjun di dunia kerja yang memiliki keahlian di bidangnya. Jadi kami berpesan bagi para siswa-siswi agar serius dan maksimal melakukan UKK,” jelas Kepala SMK Bhakti Loa Janan, Sugianto didampingi Kepala Program TAB, Lukman Hakim Pratama.

Pihaknya juga mengapresiasi support PAMA dari bidang transfer ilmu dan pendampingan serta berbagi bantuan hibah peralatan praktik bagi anak didiknya. Hal itu untuk mendorong lulusan SMK sebagai putra daerah Kaltim siap berkompetisi dan mengambil peran di pembangunan serta kemajuan Benua Etam sebagai IKN.

Para diswa SMK Bhakti melakukan uji keahlian kompetensi (UKK) dengan serius pada alat berat di depan para penguji dari PAMA ABKL

“Vokasi SMK bisa, SMK hebat, SMK Bhakti luar biasa. Kami masih terus menerima ktitik saran dari industri, untuk kemajuan dalam pendidikan,” seru Sugiyanto dalam sambutannya.

Lukman menambahkan, UKK kali ini materi yang diujikan meliputi 4 poin utama. Diantaranya kelistrikan alat berat, power train alat berat dan maintenance alat berat serta hidrolik alat berat. Diharapkannya semua siswa bisa lulus 100 persen dan mendapatkan sertifikat sebagai pegangan untuk melamar pekerjaan.

Acara pembukaan UKK dilakukan secara simbolis oleh Sugiyanto (kanan), Satria Pamungkas (dua kanan), Anju Rivelino Sirait (dua kiri) dan Ramses Pasaribu (kiri) serta disaksikan oleh tim penguji dari PAMA ABKL maupun siswa SMK Bhakti Loa Janan

“Saat lulus bisa mendapat sertifikasi dan bisa menjadi lulusan terbaik sebagai modal untuk memudahkan dalam melamar pekerjaan di industri,” ujar Lukman.

PJS Project Manajer PAMA ABKL, Anju Rivelino Sirait didampingi Plant Expert Coordinator, Ramses Pasaribu menbeberkan bahwa perusahaan group Astra ini selalu support penuh dunia pendidikan. Khususnya SMK. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan sebagai industri pada lingkungan sekitar perusahaan.

UKK kali ini materi yang diujikan meliputi 4 poin utama. Diantaranya kelistrikan alat berat, power train alat berat dan maintenance alat berat serta hidrolik alat berat.

“Untuk dunia pendidikan kami support peralatan praktik sebagai alat peraga. Jadi siswa bisa melakukan pembedahan dan praktik langsung pada alatnya. Sehingga bisa lebih memahami ilmu serta komponenya. Kemudian PAMA juga ada program karyawan mengajar ke sekolah dan kampus,” urai Anju Rivelino Sirait.

UKK di gedung berlantai dua itu dikatakan Anju sebagai upaya PAMA untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) putra daerah Kaltim. Sehingga mereka setelah lulus memiliki kompetensi keahlian sesuai jurusanya bidang alat berat yang sejalan dengan harapan perusahaan.

Program ini merupakan inisiator kepala sekolah dan human capital. Juga sebagai komitmen perusahaan PT Pamapersada Nusantara distrik ABKL dalam bidang pendidikan.

“Support PAMA selanjutnya adalah program guru magang di industri. Guru bisa lebih link and match ilmu antara dunia industri dan pendidikan. Selanjutnya ada induksi program kesehatan dan pemahaman soft skil disiplin kerja dengan taat pada SOP serta K3,” ujar Anju diamini HCGS Dept Head PAMA ABKL, Satria Pamungkas dan Tim CSR, Johannes Siregar.

UKK ini diikuti oleh 151 peserta, terdiri dari 149 siswa dan 2 siswi dari SMK Bhakti Loa Janan.

Program ini merupakan inisiator kepala sekolah dan human capital. Juga sebagai komitmen perusahaan PT Pamapersada Nusantara distrik ABKL dalam bidang pendidikan. Yakni menyiapkan SDM Lokal yang unggul dan siap kerja di dunia usaha serta dunia industri .(Adm1)

Tinggalkan Balasan