28/05/2024

Bupati Kutim Apresiasi Program Pemdes dan PT Bara Tabang untuk Ratusan Siswa SD

0
Ardiansyah menyuluh Siswa SD Desa Senyiur Agar Disiplin Jaga Kesehatan Gigi.

Ardiansyah menyuluh Siswa SD Desa Senyiur Agar Disiplin Jaga Kesehatan Gigi.

AspirasiNews.id, Muara Ancalong- Kehilangan gigi adalah masalah umum manusia. Bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab utama kehilangan gigi termasuk kerusakan gigi akibat karies dan penyakit periodontal (penyakit gusi) serta lainnya. Hal ini menjadi tak baik apabila dihubungkan dengan fungsi gigi untuk membantu proses mengunyah makanan di dalam mulut.

BANK KALTIM KPR

Sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan kerusakan gigi sejak dini. Lebih dari 150 siswa SDN 001 Desa Senyiur, Kecamatan Muara Ancalong diberi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta promotor kesehatan. Siswa yang dilibatkan adalah murid kelas 1, 2 dan 3. Kegiatan ini diprakarsai PT Bara Tabang (BT) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Senyiur, Puskesmas Muara Ancalong. Sebelum penyuluhan dimulai, Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman menyempatkan waktu membuka kegiatan kesehatan ini beberpa waktu lalu.

“Anak-anak semua sudah tahu belum bagaimana cara menggosok sepatu? Eh salah, maksud saya menggosok gigi?,” tanya Ardiansyah kepada ratusan anak sambil berkelakar belum lama ini.

Serempak semua menjawab “tahuuu” kata anak-anak sambil tertawa riang.

Kepada anak-anak siswa SD yang hadir, Ardiansyah mengimbau agar selalu disiplin merawat mulut dan gigi. Agar sehat karena gigi utuh dan yak berlubang. Sehingga mulut tak menjadi bau.

“Mau tidak giginya semua dicopot?,” tanya Bupati. “Tidaaakkk,” jawab seluruh siswa. “Bagus, jadi mulai sekarang jangan malas menggosok gigi,” pinta Ardiansyah.

Kegiatan penyuluhan ini program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat PT Bara Tabang, khususnya bidang kesehatan.

Penyuluhan yang berlangsung beberapa waktu ini berisi tentang imbauan agar siswa sekolah bisa melakukan upaya pencegahan kerusakan gigi. Karena hal itu menjadi kunci untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tentu dengan cara menyikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur. Membersihkan gusi dengan baik.

Selain itu dengan menjaga pola makan yang sehat. Mengindari makanan yang mengandung gula berlebihan, karena dapat merusak gigi. Memilih makanan sehat untuk kesehatan gigi yang lebih baik. jadi sangat penting untuk mendeteksi dini perubahan atau kelainan pada mulut. Hal ini dapat membantu dalam pencegahan penyakit lebih serius dan keganasan. Pemeriksaan rutin oleh dokter gigi sangat penting.

“Jadi wajib rutin berkonsultasi dengan dokter gigi di Puskesmas, atau rumah sakit. Setidaknya setiap 6 bulan untuk mendeteksi kelainan mulut sejak dini. Serta jangan lupa, disipilin menggosok gigi secara teratur pagi, setelah makan serta sebelum tidur,” ujar seorang penyuluh dari Puskesmas Muara Ancalong.

Peserta penyuluhan yang seluruhnya masih usia di bawah 10 tahun juga diberi materi terkait cara yang benar tentang menggosok gigi serta menjaga kebersihan mulut. (Adsv/Adm1)

Tinggalkan Balasan