28/05/2024

Ardiansyah Sampaikan Potensi Kutim ke Pj Gubernur Kaltim

0
ramah tamah Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman bersama Pj Gubernur Kaltim

Momen malam ramah tamah Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman bersama Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik . (Yuni)

Aspirasinews.id, Sagatta – Malam Ramah Tamah Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim berjalan penuh kehangatan di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Rabu (31/1/2024) lalu. Tampak Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama rombongan tampil kompak dan akrab. Saling menyapa bersama Bupati Kutim Ardiansyah yang turut didampingi jajaran Forkopimda Kutim.

BANK KALTIM KPR

Malam ramah tamah ini, panitia pelaksana turut menyuguhkan hiburan Tarian Jepen Genjoh Melayu. Menceritakan tentang keberagaman Melayu yang menetap di Kabupaten Kutim.

Dalam sambutannya, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengucapkan selamat datang kepada Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.

“Mudah-mudahan dalam malam ramah tamah ini memberikan nuansa tersendiri bagi seluruh masyarakat Kutim dengan kedatangan Bapak Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ardiansyah turut membeberkan potensi yang dimiliki Kutim. Yakni sangat luar biasa, baik dari pertanian, petenakan maupun perikanan. Juga potensi produk-produk lokal yang diekspor ke luar negeri.

“Kita sudah go internasional, produk dari olahan nanas dan pisang kepok grecek sudah mempunyai pangsa pasat luar negeri. Sementara, untuk cabai dan bawang merah masih dalam pengembangan pemasaran,” tegas Ardiansyah.

Ditambahkan Ardiansyah, berkenaan dengan ketahan pangan,TP-PKK sudah fokus dengan mengembangkan program tanaman keluarga.

“Sebagian masyarakat kita juga sudah memanfaatkan pekarangan dengan menamam cabai. Tidak hanya itu, masyarakat juga menanam sayuran lainnya. Mudah-mudahan, hal ini juga mampu untuk mempertahankan ketahan pangan yang ada di Kutim,” urainya.

Sementara itu, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menyampaikan testimoninya jika Kutim sudah solid dalam mengembangkan pertanian dan memanfaatkan potensi yang ada. Seperti menanam sayur-mayur dan buah-buahan. Ia pun turut menyarankan jika Kutim harus lebih getol dalam pengembangan dunia pendidikan. Terutama dalam Kurikulum Merdeka dengan memberikan ilmu kepada anak-anak secara maksimal.

Lanjutnya, memang perlu kolaborasi Dinas Pendidikan dengan pertanian dan untuk dana pokir bisa digunakan dalam mengembangkan green house. Serta khusus anak panti asuhan dibuatkan semacam workshop UMKM untuk melihat bakat dan keterampilannya.

“Insyaallah kalau generasi penerus kita dibuatkan workshop, kita akan menghasilkan generasi penerus yang produktif di masa yang akan datang,” jelasnya.

Malam Ramah tamah itu pun turut dirangkai dengan pemberian cenderamata oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman kepada Pj Gubernur Akmal Malik. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan