28/05/2024

Rakor TP3D, Kutim Matangkan Persiapan Pemilu Serentak di 18 Kecamatan

0
Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman pimpin jalannya Rakor TP3D.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman memimpin jalannya Rakor TP3D. (Wahyu)

AspirasiNews.id, Balikpapan- Usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda se-Kaltim, Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman langsung tancap gas mengumpulkan Forkopimda, Perangkat Daerah (PD) terkait hingga para camat. Untuk melakukan Rakor Tim Pemantauan Perkembangan Politik di Daerah (TP3D). Rakor dengan agenda kesiapan Pemilu Serentak 2024 tersebut berlangsung di De Bandar Resto, Selasa (6/2/2024) lalu.

BANKKALTIM DG

Di kesempatan itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman berpesan kepada Badan Kesbangpol Kutim agar tidak henti berkoordinasi dengan KPU Kutim. Terkait berbagi hal penting dalam menyukseskan pemilu yang sebentar lagi dilaksanakan.

“Kepada saudara-saudara perangkat daerah terkait salah satunya Diskominfo mengawal betul kelancaran internet desa. Agar dapat memastikan di masing-masing desa pada hari kegiatan pemilu bisa menggunakan internet di kantor desa,” ujarnya.

Pasalnya, KPPS, PPK, para saksi sangat membutuhkan jaringan internet untuk memberikan laporan mereka. Tak kalah penting bandwidth-nya harus ditingkatkan. Kemudian Diskominfo juga harus berkoordinasi pada pihak PLN, agar tak ada pemadaman di hari pencoblosan.

“Kalau bisa PLN membantu menyiapkan listrik menyala selama 24 jam di hari pemilu nanti. Karena tak semua desa kita dialiri listrik 24 jam,” ucap Ardiansyah dihadapan peserta.

Dirinya juga didampingi Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Dandim 0909/Kutim Letkol Inf Adi Swastika, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar. Juga Ketua Bawaslu Kutim Aswadi, Ketua KPU Kutim Ulfa Jamilatul, Kepala Badan Kesbangpol Tejo Yuwono dan perwakilanperangkat daerah serta para camat se-Kutim.

Sementara, untuk para camat yang sangat dekat dengan masyarakat dan dapat memerintah para Kades serta Ketua RT. Harus bisa menekankan untuk melaksanakan tugas dengan baik. Para camat juga tak boleh sampai lepas koordinasi di lapangan. Karena menyukseskan pemilu adalah melaksanakan kegiatan dengan baik dan berjalan lancar.

“Kita tidak bisa memprediksi keadaan di hari pencoblosan, entah panas hujan ataupun kendala-kendala lainya. Namun kita harus cekatan. Seperti camat harus berkoordinasi dengan desa untuk TPS agar selalu aman dan camat juga harus berkoordinasi dengan BPBD,” pesannya.

Terakhir, ia berharap semua pihak dapat berperan dalam menyukseskan perhelatan lima tahunan ini. Karena ini bukan tugas satu orang, tetapi semua pihak, apalagi ini Pemilu serentak.

“Suksesnya acara ini karena kita semua bisa bertanggungjawab,” pungkas Ardiansyah. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan