16/06/2024

Satlantas Paparkan Data Kecelakaan 2023 di Samarinda Berjumlah 150 Insiden, Sepekan Rerata 3 Kejadian

0
Kompol Creato Sanitehe Gulo

Kasatlantas Polresta Samarinda, Kompol Creato Sanitehe Gulo SIK

AspirasiNews.id, Samarinda- Kepala Polresta (Kapolresta) Samarinda Kombes Pol Ary Fadly melalui Kasatlantas, Kompol Creato Sanitehe Gulo mengungkapkan data kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di wilayah hukumnya sepanjang 2023 tercatat 150 insiden. Jika di rata-ratakan setiap bulan ada sekitar 12 sampai 13 terjadi lakalantas dan setiap pekan ada 3 kejadian kecelakaan. Untuk menekan angka itu, korps baju cokelat sabuk putih ini terus melakukan sosialisasi dan himbauan serta tindakan bagi para pelanggar.

BANK KALTIM KPR

“Dari jumlah Laka Lantas tersebut, korban meninggal dunia (MD) 75 orang. Luka berat (LB) 41 orang dan luka ringan (LR) 82 orang serta tidak luka 131 orang,” jelas Gulo di awal 2024 ini.

Ia melanjutkan, Laka Lantas tersebut mengakibatkan kerugian materil mencapai Rp 926.500.000. Kerugian materil ini meliputi kerusakan kendaraan, biaya perawatan korban, dan lain-lain.

Gulo mengatakan, penyebab utama Laka Lantas antara lain karena human eror atau kelalaian pengemudi sendiri. Seperti tidak mematuhi rambu-rambu, melanggar marka jalan, mengemudi dalam keadaan tak sadar (mabuk), dan menggunakan ponsel saat berkendara.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadly (kanan) di dampingi Kasatlantas, Kompol Creato Sanitehe Gulo (kiri)

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keselamatan di jalan raya, dengan cara mengutamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jangan sampai ada korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas yang sebenarnya bisa dicegah,” tutur Gulo lagi.

Ary Fadly juga mengapresiasi kinerja personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Samarinda yang telah berupaya maksimal. Terutama dalam mengatur, mengawasi, dan menegakkan hukum di bidang lalu lintas.

Polresta Samarinda-Betakun Pak Kapolresta
Polresta Samarinda-Betakun Pak Kapolresta 24 jam

“Semoga dengan upaya-upaya ini, kita dapat menekan angka Laka Lantas di Samarinda. Terutama menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar,” harap Ary Fadly. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan