13/07/2024

AHK Buka Turnamen Catur HUT Korpri, Jaring Atlet Baru Persiapan Porprov

0
Dispora Kaltim-Hut Korpri Catur

Agus Hari Kesuma (dua kanan berdiri) didampingi Rasman Rading semangati peserta usai membuka acara turnamen catur dalam peringatan HUT Korpri ke-52

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), Agus Hari Kesuma (AHK), secara resmi membuka rangkaian gelaran turnamen catur. Pertandingan cabang olahraga (Cabor) dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Badan Pembina Olahraga (Bapor) Korps Pegawai Negeri (Korpri) Kaltim ke-52. Ajang olahraga tersebut dilaksanakan di Teras Hotel Atlet Kompleks GOR Kadrie Oening Sempaja Samarinda selama 2 hari. Berlangsung dari 12 hingga 13 Desember 2023.

BANKKALTIM DG

Peserta diketahui berasal dari pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatus sipil negara (ASN) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Serta instansi vertikal di lingkup organisasi pemerintah daerah (OPD) pemerintahan provinsi (Pemprov) Kaltim.

Diketahui bahwa ajang turnamen catur kali ini, sebagai ajang silaturahmi, juga menjadi bagian pencarian bibit atlet pecatur. Yang nantinya akan ikut ke dalam seleksi pekan olahraga provinsi (Porprov) Bapor Korpri yang akan digelar di Kabupaten Paser dan Pomnas di Palembang.

Hal tersebut disampaikan Agus saat gelaran berlangsung. Dikatakannya turnamen catur yang diselenggarakan ini akan terus berlanjut hingga ke tingkat Porprov tahun depan.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Korpri ke-52, selain itu diadakannya turnamen ini untuk mempersiapkan diri menuju Porprov tahun depan. Sehingga tahun 2025 kita siap menghadapi tingkatan yang lebih tinggi,” jelas AHK yang sebagai Ketua Harian Bapor Korpri itu.

Disisi lain, Rasman Rading selaku Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim menuturkan. Bahwa kegiatan ini sebagai ajang persiapan Porprov Bapor Korpri mendatang.

Suasana gelaran turnamen catur yang diselenggarakan oleh Bapor Korpri Kaltim

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa cabang olahraga (cabor) catur merupakan cabang olahraga yang selalu membanggakan. Terbukti di setiap event nasional yang diadakan pasti terdapat yang menyandang gelar juara.

“Kenapa catur karena kebetulan saya sebagai ketua Percasi (peraatuan catur seluruh indonesia) Kaltim harus melibatkan diri untuk meramaikan turnamen catur ini, Kemudian cabor catur ini selalu mendapatkan peringkat terbaik di manapun,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dan diikuti sebanyak 40 peserta dari 15 OPD dan instansi vertikal dari pusat. Selain itu, pihaknya melaksanakan turnamen catur ini dengan sistem 7 babak. Catur klasik 20 menit dan catur cepat 20 menit.

“Kita juga sudah sampaikan bahwa ini adalah babak pemanasan untuk nanti tahun depan. Dari 40 peserta ini kita punya target. Pemenangnya kita adakan TC yang dilatih oleh pelatih profesional,” pungkas Rasman. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan