21/02/2024

Dispora Kaltim Siap Beralih ke Aplikasi Srikadi dari Sudata, Mudahkan Surat Menyurat Lintas OPD dan Kementrian

0
Dispora Kaltim-Pindah Aplikasi Srikandi dari Sidata

Sri Wartini menjelaskan Dispora pada 2024 akan menggunakan aplikasi Srikandi dalam surat menyurat lintas OPD di Kaltim setelah berakhirnya penggunaan Sidata di 2023 ini.

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda– Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim diketahui saat ini masih menggunakan aplikasi Sistem Informasi Data (Sidata) dalam penyusunan arsip. Jadi dijadwalkan pada tahun depan akan beralih ke aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). Sekretaris Dispora Kaltim Sri Wartini menjelaskan, arsip sangat penting untuk pemerintahan. Pihaknya mengaku sangat mendukung kehadiran aplikasi Srikandi yang dipelopori oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim (DPK). Karena bertujuan untuk membantu menyimpan arsip milik seluruh Perangkat Daerah (PD) di Bumi Etam.

BANKKALTIM DG

“Arsip itu penting buat pemerintahan. Apalagi aplikasi Srikandi memberikan kemudahan kami di pemerintahan. Khususnya dalam surat menyurat dan link antar PD,” ucapnya, Senin (13/11/2023).

Diunhkapkan Sri Wartini, sebelumnya data Dispora Kaltim disimpan melalui aplikasi Sidata yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim. Namun sekarang berdasarkan Surat Edaran Gubernur Kaltim, arsip disimpan melalui aplikasi Srikandi yang dikelola oleh DPK Kaltim.

“Sementara ini ada dua versi, artinya aplikasi yang lama yang dikelola Kominfo masih berjalan dan Srikandi juga. Tetapi kedepannya sesuai surat edaran gubernur. OPD harus menggunakan Srikandi,” beber Sri Wartini mewakili Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK).

diuraikan Sri saat menggunakan aplikasi Srikandi pihaknya merasa ada kelebihan meski terbilang masih dalam tahap penyesuaian. Karena selama ini sudah terbiasa dengan aplikasi Sidata. Meski begitu pihaknya akan terus melakukan update tentang informasi dan tata cara penggunaan Sidata agar terbiasa. Diketahui Srikadi dalam melakukan surat menyurat lintas organisasi perangkat daerah (OPD) di Bumi Etam cukup lengkap. Bahkan bisa terkoneksi hingga pada kementrian.

Berbagai arsip surat menyurat dan pengiriman secara manual akan digantikan dengan aplikasi Srikandi dari Sidata.

“Manfaat aplikasi Srikandi ini bisa mendukung kami ketika bersurat di lintas OPD maupun ke kementerian. Semua sudah menggunakan Srikandi. Karena arahnya memang ke sana (Srikandi),” ujar Sri Wartini.

Dirinya mengungkapkan, untuk saat ini Dispora Kaltim memang masih menggunakan Sidata hingga akhir 2023. Namun setelah memasuki 2024 dirinya akan mengisntruksikan semua pejabat dan staf di Dispora Kaltim untuk beralih ke Srikandi. Bertujuan agar seragam di lintas OPD sesuai instruksi Gubernur.

“Kemarin sudah kami sampaikan ke Kominfo, sampai di mana aplikasi Sidata ini. Jadi sampai akhir tahun kami diberikan pemakaian. Selanjutnya Dispora akan menggunakan aplikasi Srikandi sesuai dengan surat edaran gubernur,” pungkas Sri Wartini. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan