17/04/2024

DPRD Kaltim Desak Pemprov Matangkan Infrastruktur Penunjang IKN

0
Muhammad Samsun

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- DPRD Kaltim mendesak pemerintah provinsi (Pemrov) untuk mematangkan infrastruktur penunjang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Desakan itu datang dari Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun. Karena dinilai Samsun kehadiran IKN di Benua Etam bisa meningkatkan pembangunan di berbagai daerah penyangga. Seperti pembangunan berbagai infrastruktur pendukung untuk kelancaran transportasi.

BANK KALTIM KPR

Muhammad Samsun membeberkan, Pemprov harus segera berbenah. Terutama dalam memperbaiki pengelolaan wilayah. Utamanya infrastruktur penunjang seperti jalan, jaringan internet, hingga ketersediaan listrik.

“Semua fadilitas penunjang ini merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi Pemprov Kaltim sebelum IKN hadir,” kata Samsun.

Politisi PDIP ini menilai, Kaltim akan menghadapi berbagai tantangan perubahan besar di masa yang akan datang. Guna menyiasatinya, perlu persiapan yang matang. Karena Kaltim diprediksi akan mengalami ledakan penduduk ketika IKN sudah beroperasi.

“Jadi perlu dimatangkan sejak dini persiapannya. Agar nanti saat hari H bisa direaliasikan,” ujar Samsun.

Samsun juga menyinggung diversifikasi ekonomi sebagai langkah strategis. Yaitu periode pasca-pertambangan. Yakni sektor yang dapat ditonjolkan di Kaltim setelah perekonomian dari sektor tambang adalah pertanian. Melalui infrastruktur irigasi dan fasilitas pendukung lainnya.

“Masyarakat lokal juga harus dilibatkan sejak awal. Mereka jangan hanya sebagai penonton. Kami juga ingin mendorong pemerintah dan masyarakat bersama-sama menghadapi perubahan. Terutama yang akan terjadi kedepannya sebagai dampak dari hadirnya IKN di Kaltim,” pungkas Samsun. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan