13/07/2024

Sigit Hadiri Simposium Ketahanan Pangan Kaltim, Dukung Penerapan Teknologi Informasi Sambut IKN

0
Sigit Wibowo

Sigit Wibowo (dua kanan) hadiri Simposium Ketahanan Pangan Kaltim, dukung penerapan teknologi informasi sambut IKN

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Balikpapan- Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo hadiri acara Universitas Mulia di Balikpapan. Kegiatan itu adalah Simposium dalam rangka ketahanan pangan dan teknologi informasi 2024. Acara dihelat di Ballroom Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Sabtu (25/11/2023). Simposium tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran ilmu dan teknologi pangan, dalam bidang ketahanan pangan nasional.

BANKKALTIM DG

Kemudian untuk mensosialisasikan hasil-hasil penelitian dalam meningkatkan Ketahanan pangan. Juga sebagai wahana saling tukar informasi antara akademisi, industri, pemerintah dan pihak-pihak terkait. Tentunya dengan mempresentasikan dan membahas hasil-hasil penelitian dan pengembangan pangan. Guna menjamin ketahanan pangan nasional secara berkesinambungan.

“Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak bidang yang ada dan perlu untuk di kembangkan. Salah satunya adalah teknologi informasi. Ini merupakan bidang yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Tanpa adanya teknologi informasi mungkin perkembangannya yang terjadi tidak akan semaju ini,” kata Sigit Wibowo.

Sigit menambahkan, pada hakikatnya berdasarkan fakta dan kondisi tersebut, upaya pencapaian ketahanan pangan tidak bisa hanya mengandalkan upaya peningkatan produksi. Diperlukan rencana aksi strategis untuk usaha pencapaian ketahanan pangan. Strategi yang diperlukan adalah altrenatif lain dari upaya peningkatan produksi yang telah terus dilakukan. Terkait dengan hambatan yang disebabkan oleh adanya perubahan iklim global. Ada beberapa strategi yang disarankan. Diantaranya adalah meningkatkan usaha penyimpanan air (water storage) dan efisiensi serta reprioritas pengunaan air yang ada.

“Keberadaan IKN tentu akan menambah populasi di Kaltim, yang juga harus di barengi dengan ketersediaan pangan. Apalagi mulai akhir tahun ini atau tahun depan direncanakan sudah mulai ada aparatur sipil negara (ADN) dipindahkan ke IKN. Keberadaan mareka tentu membutuhkan terpenuhinya kebutuhan dasar. Seperti air, listrik, dan pangan,” beber Sigit lagi.

Dalam acara Simposium itu tampak Muchamad Awaludin Kepala UPTD Telkom dan beberapa narasumber. Muh Ahsin Rifa’I (Ahli Ilmu Perikanan dan Kelautan), Achmad Benny Mutiara (Ahli Ilmu Komputer dan Teknologi). Engkos Achmad Kuncoro (Ahli Manajemen Dtrategi), Deni SB Yuherawan (Ahli Hukum Pidana) dan Bambang Susantono (Kepala Otorita IKN) serta Rizal Effendi mantan Walikota Balikpapan. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan