27/07/2024

Seno Ungkap Pembangunan Bendungan dan Embung di Kaltim, Masuk Prioritas Pemda maupun Pusat untuk Irigasi Pertanian

0
Seno Aji

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Pembangunan bendungan dan embung di berbagai daerah di Kaltim sudah menjadi tugas prioritpemerintah daerah (Pemda) dan pemerintah pusat. Karena kehadirannya bendungan dan embung itu sangat penting untuk para petani dan warga sekitar. Ungkaan ini disampaikan oleh Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kaltim belum lama ini.

BANKALTIM EMAS

Seno mengatakan, pembangunan bendungan dan embung tersebut tersebar di beberapa wilayah di Kaltim. Mulai daerah-daerah di Kutai Kartanegara (Kukar) hingga Samarinda. Karena kebermanfaatanya sangat banyak untuk kebutuhan masyarakat sekitar maupun petani sendiri.

“Bendungan dan embung itu penting untuk menyediakan sumber air irigasi yang berkelanjutan untuk petani,” jelas Seno Aji.

Dikatakan Politisi daerah pemilihan (Dapil) Kukar ini, bahwa beberapa waktu lalu musim kemarau menghampiri Kaltim. Sudah pasti, musim kemarau itu memberikan dampak terhadap hasil-hasil pertanian yang ada. Sehingga, hasil panen tidak maksimal. Karena tanaman pertanian kurangnya pasokan akan air.

“Musim kemarau yang panjang ini sangat berpengaruh terhadap hasil panen di Kaltim. Oleh karena itu kita harus punya irigasi yang tiap saat ada airnya,” terang Seno Aji.

Seno juga menegaskan bahwa pembangunan bendungan dan embung harus menjadi prioritas. Agar segera bisa diwujudkan dan dimanfaatkan oleh petani-petani di Kaltim.

Politisi dari Fraksi Gerindra itu pun berharap pada Pemerintah daerah dan pusat agar bisa memberikan bantuan. Seperti beberapa alat mesin pertanian (Alsitan), pembangunan bendungan, dan embung, hingga bantuan lainnya. Terutama yang bisa membantu peningkatan hasil pertanian pangan di Kaltim dari tahun ke-tahun.

“Ini menunjukkan bahwa program yang kita canangkan sudah mulai menunjukkan hasilnya. Meskipun ada penurunan produksi gabah (biji padi menuju beras) di akhir tahun ini. Karena musim kemarau. Tapi kita optimistis tahun depan akan lebih baik lagi,” harap Seno Aji. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan