28/02/2024

DPRD Kaltim Minta Transparansi Anggaran Pembangunan IKN

0
Nidya Listiyono

Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) masih terus dilakukan hingga saat ini. Tetapi, hingga kini belum ada informasi yang jelas, mengenai anggaran yang digunakan untuk proyek strategis tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono. Dirinya meminta kepada pemerintah pusat, untuk melakukan transparansi anggaran kepada publik.

BANKALTIM CMS

Menurut Nidya, anggaran pembangunan IKN sebagian besar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Jadi merupakan hak masyarakat untuk mengetahuinya. Karena transparansi anggaran adalah salah satu bentuk akuntabilitas dan pertanggungjawaban pemerintah.

“Kalau mau transparan, ya semua harus transparan. Saat ini semua harus akuntabel, supaya bisa dipertanggungjawabkan juga,” jelas Nidya belum lama ini.

Tiyo sapaan akrabnya berpesan, Badan Otorita IKN, Pemprov Kaltim, dan pemerintah pusat bisa bekerja sama dengan baik. Dalam pembangunan IKN. Juga berharap, informasi mengenai IKN bisa diakses oleh masyarakat secara mudah.

Legisltor Golkar ini juga menyoroti soal penyerapan tenaga kerja lokal Kaltim. Dalam pembangunan IKN ini masyarakat Benua Etam harus berperan. Yakni mempersiapkan diri dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya. Agar bisa terlibat dalam proyek IKN ini.

“Selain pembangunan infrastruktur, kita juga harus mempersiapkan SDM Kaltim. Sehingga bisa terserap dengan baik. Pesan ini kami sampaikan untuk semua masyarakat Kaltim,” tegas Nidya Listiyono. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan