28/02/2024

DPRD Sebut Perusda Berpotensi Besar Hasilkan PAD Kaltim, Perlu Dikelola Serius dan Orang Kompeten

0
Seno Aji

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Perusahaan Daerah (Perusda) memiliki potensi besar untuk menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kaltim jika dikelola dengan optimal. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, Seno Aji. Tetapi Perusda tersebut tentunya tergantung pada pengelolaannya. Yakni harus dilakukan oleh orang-orang yang berkompeten.

BANKKALTIM DG

Seno menguraikan, setiap daerah pasti memiliki keunggulan ekonomi di bidang tertentu. Contohnya, Kabupaten Gowa yang unggul di bidang pertanian. Untuk Kaltim yang kaya akan sumber daya alam (SDA) seperti mineral dan migas. Jadi Perusda harus dibentuk sesuai dengan sektor unggulan daerah. Dipastikan Perusda tersebut bisa memberikan kontribusi besar bagi PAD.

“Perusda sebetulnya bisa menjadi penyumbang PAD terbesar kedua setelah pajak daerah. Kalau PAD dari retribusi daerah, nilainya sangat kecil,” jelas Seno Aji baru-baru ini.

Meski begitu, Seno juga menyadari bahwa banyak Perusda yang ada saat ini tidak berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kompetensi pengelola Perusda. Terlebih lemahnya pengawasan dari badan pengawas dan pemerintah daerah. Akibatnya, Perusda tidak berkembang dan tidak memberikan manfaat bagi daerah.

Legislator Gerindra ini berpesan pada Pemprov Kaltim agar bisa memberikan perhatian khusus terhadap para Perusda. Tujuannya adalah agar Perusda bisa dimaksimalkan dan menjadi sumber PAD yang signifikan bagi Kaltim.

“Problemnya Perusda saat ini disitu. Perusda setelah dibentuk, tak berkembang, tak tumbuh sebagaimana diharapkan. Kita berharap, semoga Perusda kedepannya dapat dimaksimalkan,” haap Seno Aji. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan