21/02/2024

Kadispora Beberkan Peran DBON Kaltim Cetak Atlet Profesional Usia Dini

0
Dispora Kaltim-DBON Kejurprov Usia Dini

Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (tengah) didampingi Zairin Zain (kiri bertopi) saat membuka acara kejurprov yang diikuti 1.670 atlet cilik se-Kaltim

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim memiliki peranan yang sangat penting bagi bidang keolahragaan. Karena mempunyai tugas dan fungsi utama ialah berperan mencari dan membina atlet usia muda berkualitas. Terutama bagi bibit yang berpotensi menjadi atlet andalan Kalimantan Timur (Kaltim), bahkan Indonesia di masa depan. Hal itu diperkuat oleh keterangan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kusuma (AHK) belum lama ini.

BANKALTIM EMAS

“DBON ini seperti akademi untuk mempersiapkan atlet dari nol. Hingga mereka bisa menjadi atlet muda profesional,” jelas Agus, Selasa (07/11/2023).

Agus meguraikan, dengan adanya pembinaan khusus dari DBON. Diharapkan bakat-bakat olahraga muda Kaltim dapat bermunculan. Karena terus terasah dan tersalurkan secara optimal melalui organisasi khusus DBON itu.

“Harapannya, suatu saat bisa tampil maksimal di ajang nasional bahkan internasional. Mengharumkan nama provinsi Kalimantan Timur,” seru AHK.

Diketahui, baru-baru ini DBON Kaltim sukses menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov). Dikhususnya untuk atlet usia muda di Samarinda. Pesertanya cukup membeludak dari berbagai cabng olahraga (cabor). Yakni diikuti sebanyak 1.670 atlet dari berbagai daerah kota/kabupaten se-Benua Etam.

Sebanyak 1.670 atlet cilik usia dini dan remaja mengikuti Kejurprov 2023 oleh Dispora-DBON dari berbagai Cabor mewakili kota/kabupaten se-Kaltim

Kepala Sekretariat DBON Kaltim, Zairin Zain menyebutkakn, jika kejuaraan tersebut penting. Bertujaun untuk meningkatkan potensi atlet remaja berbakat. Yang nantinya bisa menjadi atlet muda berprestasi di Kaltim.

“Tugas kami menyiapkan atlet terbaik tiap cabang olahraga. Untuk dibina menjadi atlet muda profesional,” beber Zairin.

Diuraikan Zairin, para atlet remaja yang jadi juara akan menjalani pelatihan rutin di akademi olahraga. Yang berpusat di Komplek GOR Kadrie Oening, Sempaja Samarinda.

“DBON bertanggung jawab penuh membiayai pendidikan dan program latihan. Ini khusus atlet-atlet pilihan saja,” pungkas Zairin Zain. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan