21/02/2024

Kadispora Imbau Kota/Kabupaten Alokasikan Anggaran Khusus Pembinaan Atlet Usia Dini

0
Dispora Kaltim-Anggaran Khusus

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, Agus Hari Kesuma bersama para atlet sepatu roda usia dini dihalaman Dispora Kaltim

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), Agus Hari Kesuma (AHK) mengimbau kepada seluruh Kabupaten/Kota di Benua Etam. Yakni agar bisa untuk menyisihkan anggaran khusus guna pembinaan atlet usia dini. Hal ini dikemukakannya AHK lantaran tidak semua kabupaten dan kota di Kaltim yang bisa menyisihkan. Terutama dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pembinaan atlet usia dini.

BANKALTIM CMS

“Prestasi ini menjadi modal mereka dalam mengajukan beasiswa. Termasuk mendapatkan tiket masuk perguruan tinggi melalui jalur prestasi. Jadi, mari kita dukung mereka untuk meraih hal tersebut,” ujar AHK, Senin (6/11/2023).

Dibeberkan Agus, bahwa berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021. Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pasal 18. Pengalokasian tersebut diberikan oleh pemerintah untuk pendanaan DBON yang berasal dari APBD.

Dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah. Juga mempertimbangkan target capaian pelaksanaan DBON, yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Pembinaan atlet usis dini harus dibantu anggaran khusus dari kota/kabupaten sesuai Perpees 86 Tahun 2021 Pasal 18

Diuraikan AHK, Dispora Kaltim ingin pembinaan prestasi atlet ini dilakukan secara berjenjang. Mulai dari kota/kabupaten dan menuju ke provinsi. Dampaknya tentu agar dapat memberikan sumbangsih terbaik saat mewakili Kaltim di berbagai ajang. Seperti Kejurda, Kejurprov, Kejurnas dan internasional.

“Jadi DBON secara garis besar termuat dalam lima tahapan. Yakni bertujuan meningkatkan budaya olahraga di masyarakat,” ujar Agus.

Kemudian tambah AHK, meningkatkan kapasitas, sinergitas dan produktivitas olahraga prestasi secara nasional. Kelima dilakukan demi memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan