28/02/2024

DPRD Desak Pemprov Kaltim Beri Bantuan Dua Desa Terisolir di Kutim, Sandaran dan Tanjung Mangkalihat

0
Sutomo Jabir

Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Sutomo Jabir

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Beberapa Desa yang terisolir di Kecamatan Sandaran, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ini kondisinya begitu memprihatinkan. Ungkapan ini disampaikan oleh Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur, Sutomo Jabir. Sebelumnya dirinya menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim harus segera memberikan bantuan. Yakni guna membantu beberapa desa di Kecamatan Sandaran Kutim tersebut keluar dari kondisi keterisolasian yang begitu miris.

BANKKALTIM DG

“Ada dua desa yang terisolir. Yaitu Desa Sandaran dan Tanjung Mangkalihat. Keduanya sangat terisolasi. Tidak ada jaringan komunikasi, jalan yang sangat tidak memadai, dan tidak ada layanan pemerintah yang memadai,” beber Sutomo Jabir belum lama ini.

Urai Sutomo Jabir, selain listrik dan akses jalan. Akses ke layanan kesehatan juga menjadi masalah serius bagi masyarakat di desa tersebut. Bahkan selain fasiltas pemerintah yang kurang memadahi, untuk fasilitas pendidikan juga jauh dari kata layak. Jadi masih sangat jauh dibawah standar semuanya.

“Dari kunjungan saya kesana. Ada dua desa yang sangat terisolasi. Kondisinya cukup memprihatinkan dan harus segera mendapat perhtian serius dari pemerintah,” kata Sutomo Jabir.

Dipaparkan Sutomo Jabir, memang di daerah tersebut tercatat pernah memiliki sejarah akses jaringan telekomunikasi. Namun karena tidak dilakukan perawatan secara berkala oleh penyedia jaringan. Maka saat ini tidak berfungsi lagi. sehingga meninggalkan masyarakat kedua desa ini dalam keadaan serba sulit.

“Kami berharap Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, dapat merespon dengan cepat. Memanggil perusahaan pemegang izin usaha di Sandaran. Menanyakan apakah mereka bersedia membuka usaha atau hanya menguasai izin,” tuturnya.

Legislator PKB ini menyebutkan kontribusi dari perusahaan yang memiliki izin usaha di desa tersebut dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Melalui berbagai CSR yang diberikan oleh perusahaan pada masyarakat setempat. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan