16/06/2024

Atlet Menembak Kaltim Usia Pelajar Dapat Emas di BK PON

0
Dispora Kaltim-Menembak

Tri Amri Suwono Menerima medali emas dan piagam penghargaan di BK PON DKI Jakara

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Cabang Olahraga (Cabor) menembak, Kalimantan Timur (Kaltim) telah menunjukkan performa luar biasa. Terbukti mayoritas atletnya yang berasal dari kalangan pelajar itu mampu unjuk gigi. Yakni mereka telah berhasil memenangkan beberapa kejuaraan. Terlebih masuk dalam kualifikasi Minimum Qualification Score (MQS) untuk mendapatkan tiket ke PON XXI. Tercatat sebanyak 11 atlet asal Benua Etam telah lolos dalam kualifikasi tersebut. Dari 24 atlet yg dikirim.

BANKALTIM EMAS

Keberhasilan Kaltim ini kembali terbukti dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Bank DKI 2023. Berlangsung dari 29 Oktober hingga 5 November di Jakarta. Ajang ini merupakan seri terakhir dari Babak Kualifikasi (BK) PON. Dan, hingga akhir pertandingan pada Minggu, 5 November, Kaltim telah meraih 5 medali. Terdiri dari 1 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu.

“Ini merupakan MQS terakhir. Sejauh ini, ada 4 atlet dari Kaltim yang telah terlaporkan lolos ke PON. Tetapi secara keseluruhan ada 11 atlet yang sudah memenuhi syarat MQS dan meraih medali,” jelas Pelatih Cabor Menembak Kaltim, Slamet Hadiwijaya mewakili Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK).

Slamet merasa bangg dengan prestasi yang diraih timnya itu. Dia menyatakan bawa atlet tim menembak yang berhasil lolos ini adalah mayoritas masih berstatus pelajar. Bahkan, ada 90 persen dari mereka merupakan penembak muda.

“Dari segi mentalitas, mereka sudah siap. Seorang atlet kami, Paskalis Steven. Bahkan baru-baru ini terpilih mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia di Korea,” urai Slamet lagi.

Para atet menembak Kaltim yang meraih juara dna medali di acara BK PON

Diuraikan Slamet, meskipun belum membawa pulang medali dari Korea. Slamet menekankan betapa ketatnya seleksi yang harus mereka lalui untuk mencapai level tersebut. Proses seleksi ini melibatkan sistem degradasi yang berlaku secara nasional. Sehingga persaingan cukup ketat dan peluang masuk kecil harapan. Tetapi Kaltim bisa melalui itu semua.

Slamet saat ditanya tentang peluang dan target Kaltim di PON mendatang, Ia menyatakan bahwa peluang timnya cukup terbuka. Namun, dia belum dapat memberikan rincian target yang lebih spesifik. Karena terkait dengan strategi-strategi yang masih dirahasiakan.

“Setiap daerah juga sudah saling memahami potensi dan kekuatan masing-masing,” ungkapnya. (Adv/Adm1)

Berikut adalah daftar peraih medali di Kejuaraan Nasional Menembak Bank DKI 2023:

Emas: Kelas BR HV – Tri Amri Suwono

Perak:

10 ARM YOUTH individu – Paskalis Steven
10 Air rifle mix team – Paskalis Steven dan Zaskia Tanjia
300m 3 POSITION – M. Aidil

Perunggu:

10m ARM YOUTH TEAM – Paskalis Steven, Fredy Imanuel Longkotoy, dan Che Chachio Quevara
10m Air pistol women youth team – Kinanti Sekar Linde, Faiza Safira, dan Mildiva Melinda

Tinggalkan Balasan