21/02/2024

Dispora Latih 200 Pemuda Kaltim dari 700.000, dengan Seminar Wirausaha Muda Mandiri

0
Dispora Kaltim-Seminar Wirausaha Muda

Kegiatan Seminar Wirausaha Muda di Pantai Panrita Lopi, Muara Badak-Kukar oleh Dispora Kaltim dibuka Rasman Rading (tiga kiri).

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) terus membangun jiwa wirausaha bagi pemuda Katim. Melalui berbagai seminar, pelatihan, pendidikan dan kegiatan lainnya. Terbaru Dispora Kaltim kembali mengadakan Seminar Wirausaha Muda (SWM) di Pantai Wisata Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pada Sabtu, (4/11/2023) lalu.

BANKKALTIM DG

Acara yang bertemakan “Membangun Jiwa Wirausaha Muda Menuju Pemuda Kaltim yang Berdaulat” itu dihadiri sedikitnya 200 pemuda wirausaha dari kecamatan Muara Badak Kukar. Seminar wirausaha muda ini bertujuan untuk membangkitkan semangat berwirausaha bagi paa pemuda. Juga membantu pemuda menemukan ide-ide usaha dan merancang rencana bisnis mereka.

“Seminar ini menjadi pemantik bagi pemuda Muara Badak untuk membangun kemandirian dalam berwirausaha,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading mewakili Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari kesuma (AHK).

Ditekakan Rasman, bahwa seminar ini tidak hanya sebagai acara seremonial saja. Melainkan juga sebagai bagian dari upaya membangun kemandirian dan skill pemuda Kaltim. Khususnya di Kukar. Karena kegiatan kali ini dikemas dengan seminar juga ad atanya jawab dan praktik lapangan.

Dispora Kaltim gelar Seminar Wirausaha Muda di Muara Badak-Kukar sedikitnya diikuti oleh 200 peserta.

Pemuda memiliki peran yang sangat sentral dalam pembangunan nasional. Terutama menjelang Puncak Bonus Demografi tahun 2030 nanti. Hal itu sejalan dengan pemuda sebagai agen keberlanjutan pembangunan ekonomi bangsa. Sehingga harus sejak dini dilakukan pembekalan wirausaha agar mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Juga membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran dengan hadirya lapangan usaha baru.

“Saat ini pemuda Kaltim mencapai sekitar 700.000 orang. Jadi kita harus kelola mereka dengan mengarahkannya secara optimal. Diharapkan mereka dapat memberikan manfaat positif dan dapat menjadi mandiri serta berdaya saing,” harap Rasman Rading. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan