21/02/2024

DPRD Akan Tinjau Lokasi Tambang Diduga Ilegal di Kaltim Bersama Pihak Terkait

0
Syafruddin

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Syafruddin

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Penambangan Batu Bara yang di indikasi ilegal kian marak di Kaltim ini banyak menjadi sorotan berbagai pihak. Satu diantaranya dari Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kaltim. Untuk mengambil langkah tegas pada penambang ‘emas’ hitam itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Syafruddin berencana untuk melakukan peninjauan. Ke sejumlah lokasi penambangan batu bara yang diduga ilegal di Kaltim. Dirinya sebagai wakil rakyat meminta rencana tersebut turut didukung oleh sejumlah pihak. Terlebih unsur terkait seperti Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

BANKKALTIM DG


“Kami meminta pihak terkait untuk memantau dan menangani persoalan itu secara serius,” kata Syafruddin belum lama ini.

Melalui rencana kegiatan itu pastinya ia menginginkan agar mendapatkan sebuah data akurat. Juga menghasilkan rekomendasi sebagai tindak lanjut penanganan dari temuan yang nantinya akan didapat. Bukan tanpa sebab kegiatan itu akan dilakukan. Alasan pihaknya ingin peninjauan karena menurutnya tambang ilegal merugikan seluruh pihak.

“Masih banyak tambang ilegal yang kami temukan di Kaltim. Padahal jika tambang dikelola dengan baik, pastinya mendongkrak pertumbuhan ekonomi,” jelas Syafruddin lagi.

Indikasi yang ia sampaikan melalui kasat mata lantaran banyak bekas lubang-lubang tambang. Banyak ditemukan tak sesuai dengan aturan pertambangan dan mengabaikan proses reklamasi.

Dijelaskan legislator PKB ini, bahwa aktivitas tambang ilegal perlu ada penindakan hukum yang tegas. Hal itu supaya memberikan efek jera kepada seluruh oknum tak bertanggungjawab. Agar tidak nekat melanggar kebijakan yang sudah ditentukan.

“Inspektur Tambang mesti berkoordinasi, dengan pihak-pihak terkait. Seperti pemerintah daerah, kepolisian, TNI, dan masyarakat. Untuk memberantas praktik-praktik ilegal itu,” pungkas Syafruddin. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan