28/02/2024

Seno Aji Katakan Kukar Punya Potensi Pertanian Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

0
Seno Aji

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji.

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Kalimantan Timur (Kaltim) ini bidang pertanian memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan. Sektor pertanian tanaman pangan di Kaltim ini satu diantaranya di daerah Kutai Kartanegara (Kukar). Pontensi ini diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji baru-baru ini. Dikarenakan, menurut Seno, Kukar memiliki luas wilayah yang terbilang cukup besar di Kaltim. Sehingga menjadi lokasi yang cocok untuk mengembangkan sektor bidang pertanian tersebut.

BANKALTIM EMAS

“Potensinya Kukar ini cukup besar. Sehingga harus dimanfaatkan dengan baik. Jangan sampai potensi yang ada dibiarkan begitu saja. Karena kalau diamati pemanfaatannya masih belum optimal,” jelas Seno Aji belum lama ini.

Legislator Gerindra ini menambahkan, bahwa sektor pertanian di Kukar tidak hanya meliputi tanaman pangan. Tetapi juga tanaman hortikultura, perkebunan, dan peternakan. Untuk itu ia berharap pemerintah daerah dan pusat dapat memberikan dukungan dan fasilitas yang memadai.

“Kami dari DPRD Kaltim meminta dukungan penuh. Sheingga sektor bidang pertanian di Kaltim sebagai lumbug pangan Indonesia bisa terwujud. Ii bertujuan untk meningkatkan kesejahteraan para petani di Kukar,” jelas politisi daerah pemilihan (Dapil) Kukar ini.

Puguh Harjanto, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim, mengatakan. Bahwa pihaknya saat ini terus melakukan profiling dan pemetaan. Terutama terhadap daerah-daerah di Kaltim yang berpotensi. Untuk menjadi kawasan pengembangan sektor pertanian.

“Untuk sementara ini ada beberapa daerah yang dianggap cocok. Salah satunya memang Kukar,” kata Puguh.

Puguh menjelaskan bahwa pemetaan tersebut dilakukan berdasarkan kriteria. Seperti ketersediaan lahan, iklim, infrastruktur, dan pasar. Puguh juga mengungkapkan bahwa sektor pertanian di Kaltim memang bukan merupakan hal yang mustahil. Melihat saat ini banyaknya sumber daya alam yang dimiliki Kukar.

“Kaltim memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi lumbung pangan nasional. Bahkan internasional. Kami berupaya untuk menggandeng investor lokal maupun asing. Untuk berinvestasi di sektor pertanian di Kaltim,” ujar Puguh.

Puguh menguraikan bahwa baru-baru ini ada sejumlah investor asal Australia yang mulai melirik sektor pertanian di Kaltim. Mereka berencana menanamkan modal mereka. Namun, ia mengaku bahwa hingga saat ini belum ada perbincangan lebih lanjut untuk hal itu.

“Kami masih menunggu konfirmasi dari pihak investor. Mudah-mudahan ada kerjasama yang baik. Antara pemerintah, investor, dan masyarakat. Sehingga sektor pertanian di Kaltim dapat berkembang serta memberikan manfaat bagi semua pihak,” pungkas Puguh Harjanto. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan