29/05/2024

Seno Aji Sarankan Pemprov Kaltim Cegah Silpa 2023, Rutin Lakukan Evaluasi Belanja

0
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Angka Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) jadi atensi bagi kalangan dinas di pemerintahan Provinsi Kaltim. Perhatian ini datang dari Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji. Karena dinilainya pada APBD Kaltim 2023 nilainya cukup tinggi. Jadi Seno menyarankan agar di lakukan berbagai cara untuk menekan angka Silpa di 2023 ini dan 2024 mendatang. Satu diantaranya dengan melakukan evaluasi rutin belanja. Aksi ini dilakukan sebagai fungsi monitoring yang dilakukan lembaga legislatif DPRD kepada eksekutif.

BANKALTIM CMS

“Kami sebagai DPRD mendorong Biro Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Kaltim selaku pemilik kewenangan untuk melakukan evaluasi itu. Jadi proses lelang harus dijalankan dengan lebih efisien, terutama pada berbagai proyek berskala besar,” kata Seno Aji.

Tambah Seno, selain menyarankan Pemprov Kaltim untuk rutin mengevaluasi daya serap anggaran di sisa waktu yang ada. Seno juga menyarankan untuk belanja pada sektor yang potensial. Bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya Silpa yang cukup besar. Yakni belanja di pengadaan barang dan jasa.

Politisi Gerindra ini tidak membantah jika APBD 2023 ini akan memiliki potensi besar untuk menyumbang Silpa yang tinggi. Apalagi dalam catatannya masih ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltim daya serap anggarannya di bawah rata-rata. Jadi pihaknya menyarankan agar Silpa di 2023 tidak terjadi lagi di 2024.

“Evaluasi secara rutin harus terus dilakukan kedepannya dalam langkah pengadaan. Terutama untuk pelaksanaan APBD 2024 mendatang. Perencanaan harus lebih tersusun supaya angka Silpa yang tinggi dapat dicegah,” harap Seno Aji. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan