29/05/2024

Puji Setyowati Ungkap Pentingnya UKS di Sekolah, Jangan di Nomor Duakan

0
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di satuan pendidikan adalah prioritas. Karena menjadi ujung tombak untuk meningkatkan mutu pendidikan. Karena prestasi belajar peserta didik bisa tercermin dalam kehidupan prilaku hidup bersih dan sehat.

BANK KALTIM KPR

Tetapi tidak sedikit menganggap kehadiran UKS di sekolah masih diabaikan oleh satuan pendidikan. Terutama di desa maupun sekolah perkotaan. Menomor duakan kehadiran UKS di satuan pendidikan itu mendapat sorotan tajam dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati.

“Tidak jarang saya melihat ada sekolah yang menggeser perpustakaan untuk dibagi dua. Kemudian ditempatkan UKS di sana. Seolah-olah UKS ini dinomorduakan. Padahal kehadiran UKS itu penting sekali,” kata Puji belum lama ini.

Legislator Demokrat ini menerangkan, UKS di sekolah yang memenuhi kriteria standar jarang ditemukan. Terutama di sekolah kawasan kota, apalagi sekolah yang berlikasi di daerah pinggiran. Mirisnya ada beberapa sekolah menyediakan tempat untuk UKS adalah ruang sisa. Yakni ruang tidak dipergunakan di sekolah. Sehingga di fungsikan sebagai UKS.

Wanita berkerudung ini juga menilai masih banyak pihak sekolah belum memahami manfaat UKS. Terutama bagai para guru yang menangani UKS maupun guru BK. Diungkapkan Puji UKS merupakan cikal bakal pelayanan dasar yang sangat penting bagi sekolah. Karena syarat sekolah sehat adalah harus memiliki UKS yang representatif sesuai standar yang ada.

“Jika disekolahnya tidak punya UKS, sudah dipastikan tidak masuk kategori sekolah sehat,” pungkas Puji Setyowati. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan