29/05/2024

Dana DBON Fantastis, Sigit Wibowo Minta Pj Gubernur Evaluasi Anggaran

0
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda-Dana hibah kepada pengurus Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim cukup fantastis. Yakni mencapai Rp 31 miliar. Menanggapai label cap fantastis dari berbagai kalangan ini, wakil rakyat di Karang Paci-pun ikut berkomentar.

BANKALTIM EMAS

Tanggapan itu datang dari Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo. Dirinya menyarankan agar anggaran yang diberikan Pemprov Kaltim kepada pengurus DBON harus dievaluasi. Karena nilainya cukup besar. Ia mengatakan, Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik harus memeriksa apakah DBON sudah bekerja sesuai tugas dan fungsi mereka.

“Anggaran olahraga ini ada DBON, ada KONI dan juga Dispora. Artinya semua harus sesuai tupoksinya kerja masing-masing,” kata Sigit.

Ungkap Sigit, memang ada informasi bahwa DBON memiliki anggaran besar. Tapi sebenarnya DBON ini juga sebagai lembaga kebijakan. Bukan seperti KONI yang sebagai lembaga pelaksana. Namun mereka (DBON) ini tetap mendapatkan anggaran yang cukup besar.

“Sebagai wakil rakyat Ini yang jadi atensi pertanyaan. Ini jadi tugas dari Pj Gubernur untuk melakukan evaluasi kembali. Apakah sudah sesuai tupoksinya. Kita kembalikan ranahnya kepada Dispora atau KONI sesuai dengan bidangnya,” beber Sigit.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang menangapi besarnya anggaran hibah untuk DBON Kaltim mencapai puluhan miliar. Namun pihaknya juga belum bisa memberikan penilaian terkait perkembangan prestasi olahraga di Kaltim dari anggaran tersebut. Terlebih kehadiran DBON Kaltim terbilang baru di Kaltim.

“Sepengetahuan saya, DBON Kaltim adalah lembaga yang akan mengeluarkan kebijakan-kebijakan aturan. Namun informasinya, ada juga yang masuk di ranah teknis,” sebut Sigit.

menurut Sigit, masih harus ada pembahasan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Pihaknya mengembalikan pada pemerintah, karena hal tersebut adalah tugas dari pemerintah. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan