17/04/2024

Sigit Wibowo Tekankan Pemerintah Percepat Program Digitalisasi Desa

0
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Percepatan program digitalisasi desa mendapat atensi dari DPRD Kaltim. Yakni dari Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo. Dirinya memberikan perhatian khusus agar cepat terealisasi di Bumi Etam.

BANKKALTIM DG

Kata Sigit, percepatan program digitalisasi di desa-desa harus segera dilakukan. Supaya berbagai desa di Kaltim tersentuh oleh internet. Sehingga mereka yang ada di desa dapat menerima informasi layaknya masyarakat perkotaan dengan cepat.

“Kita dorong pemerintah melalui Diskominfo dan Menkominfo harus segera mempercepat program digitalisasi di kawasan desa,” kata Sigit.

Sigit menguraikan saat ini dalam implementasinya tentu ditemui berbagai hambatan. Kendala utama yang dihadapi dalam mempercepat program digitalisasi desa ialah jaringan internet. Di Indonesia masih terpaku dan berharap dengan sektor swasta dalam menyediakan layanan telekomunikasi hingga desa.

Diungkapkan Sigit, saat ini provider telekomunikasi mengalami kesulitan biaya dalam berinvestasi sampai ke pelosok. Melihat jaraknya yang cukup jauh. Terlebih tidak ada jaminan bahwa jumlah pengguna layanan internet tidak bisa sebanyak masyarakat perkotaan.

“Memang saat ini kita terbantu oleh provider swasta. Biaya investasi internet hingga ke desa ini nilainya tidak kecil. Apalagi penggunanya tidak sebesar di perkotaan,” bebr Sigit lagi.

Sehingga ujar Sigit, provider berpikir dua kali untuk berinvestasi hingga desa. Melihat masalah ini, perlu ada campur tangan pemerintah di dalamnya. Agar program digitalisasi juga dirasakan oleh masyarakat pedesaan.

“Kami berharap pemerintah bisa membuka peluang dan mempermudah proses perizinan. Dengan begitu kemungkinan besar sektor swasta berani melakukan investasi jaringan internet hingga desa,” ujar Sigit lagi.

Maka Politisi PAN ini berharap Pemprov Kaltim serius dalam menangani persoalan jaringan telekomunikasi di wilayah pelosok. Dirinya juga berharap semua masyarakat Kaltim bisa mendapatkan layanan internet agar tidak tertinggal jauh dengan masyarakat perkotaan.

“Tentu dengan hadirnya internet di desa juga akan meningkatkan konektivitas antara pemerintah desa dengan kabupaten/kota dan provinsi. Sehingga cita-cita pemerintah untuk program digitalisasi desa bisa terwujud,” harap Sigit Wibowo. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan