28/05/2024

Seno Aji Dorong Otorita IKN Prioritaskan Penyedia Jasa Konstruksi dan SDM Lokal

0
Seno Aji

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji, saat menyampaikan sambutan dalam acara Seminar Nasional di Ballroom Hotel Grand Senyiur Balikpapan

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Balikpapan- Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) diharapkan dapat mengedepankan pengusaha lokal. Yakni mengutamakan para penyedia jasa konstruksi lokal dalam proyek pembangunan IKN. Saran ini dilontarkan oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji.

BANK KALTIM KPR

Perihal itu disampaikan Seno Aji saat menghadiri Seminar Nasional garapan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-PERA) Kaltim. Tema yang diankat dalam seminar itu adalah “Strategi dan Kebijakan Penyelenggaraan Pembangunan IKN Terkait Peran serta Pelaku Jasa Konstruksi di Provinsi Kaltim”. Acara itu dipusatkan di Ballroom Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Kamis (26/10/2023).

“Progres pembangunan IKN ini tentu akan banyak melibatkan tenaga lokal. Seperti tenaga kerja maupun jasa konstruksi yang ada di Kaltim,” jelas Seno Aji dalam smabutannya.

Politisi Gerindra itu diatas podium menyampaikan rasa terima kasih pada Dinas PUPR-PERA Kaltim. Karena sudah menyelenggarakan seminar nasional tersebut. Seperti diketahui bersama, bahwa pembangunan di IKN sudah berjalan dan melalui badan otorita. Diakuinya juga progresnya cukup cepat.

Dengan pesatnya dan banyaknya pembangunan, Ia mendorong pihak otorita IKN untuk selalu memprioritaskan penyedia jasa konstruksi lokal dalam pembangunan IKN. Sehingga pengusaha daerah dan tenaga pekerja sebagai SDM lokal ikut berpartisipasi. Dengan begitu lokal tidak menjadi penonton saja.

“Kaltim ini sudah dipilih oleh Presiden sebagai Ibu Kota Negara. Maka sangat baik apabila badan otorita bersama dengan Pemerintah Provinsi Kaltim untuk selalu memberikan andil yang positif. Khususnya kepada para pelaku jasa konstruksi lokal,” kata Seno.

Ia berharap, kedepannya para pelaku jasa konstruksi lokal memiliki kerja sama operasi. Atau KSO dengan perusahaan-perusahaan tingkat nasional. Seperti contoh, BUMN melakukan KSO dengan perusahaan lokal, sehingga perusahaan lokal tersebut ikut bangkit.

“Inilah yang kita harapkan dengan adanya seminar nasional ini. Di sini banyak hadir para pelaku jasa konstruksi yang kemungkinan juga sebagian besar ikut andil dalam pembangunan Kaltim,” bebernya.

Selain itu, lanjut Seno Aji, banyak mahasiswa yang ikut dalam seminar nasional ini. Diharapkan mereka juga mampu memberikan pemikiran dan gagasan ide secara akademis yang didapat di bangku kuliah.

“Ini akan menjadi masa depan kalian nantinya sebagai masyarakat jasa kontruksi Kaltim yang baik,” sebut Seno pada peserta mahasiswa.

Kata Politisi partai Gerindra ini, bahwa Kaltim saat ini telah mengesahkan anggaran kurang lebih Rp 20,6 triliun untuk tahun 2024. Sedangkan tahun 2023, total anggaran APBD mencapai Rp 25,6 triliun.

“Artinya Kaltim akan sangat banyak sekali pembangunannya. Untuk itu juga diperlukan partisipasi bapak-ibu sekalian dalam membangun Ibu Kota Provinsi Kaltim. Dalam hal ini Samarinda dan juga seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kaltim,” pugkas Seno Aji. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan