13/07/2024

Dispora Gandeng Dispar Gelar Berbagai Event Olahraga Industri Pariwisata di Kaltim

0
Dispora Kaltim-Olahraga Industri Pariwisata

Dispora akan gandeng Dispar untuk masifkan olahraga industri dan pariwisata di Kaltim dengan berbagai event, satu diantaranya Borneo Mix Trail (BMT) ini

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya untuk mengembangkan sektor pariwisata dan industri olahraga di daearh ini. Satu diantaranya dengan menggelar berbagai event olahraga yang menarik dan berkualitas. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK). Pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim untuk mewujudkan wacana tersebut.

BANKKALTIM DG

“Kita punya banyak potensi wisata dan atlet-atlet berprestasi di Benua Etam. Kita ingin memanfaatkan itu untuk menggerakkan roda perekonomian melalui sport tourism,” kata Agus baru-baru ini.

AHK juga mencontohkan beberapa event olahraga yang telah digelar oleh Dispora Kaltim bersama Dispar Kaltim. Seperti kejuaraan Layar di Maratua Kabupaten Berau, kejuaraan Voli Pantai di Samarinda, dan Borneo Mix Trail (BMT) di Hutan Kaltim.

“Di Maratua kita sudah bangun venue khusus untuk olahraga laut, seperti Ski Air. Ini bisa jadi daya tarik wisatawan yang suka olahraga dan rekreasi. Di Samarinda kita juga ada Voli Pantai yang seru dan menantang. Ini bisa jadi sport industry yang menguntungkan. Di hutan Kaltim kita juga ada Borneo Mix Trail yang mengajak peserta untuk menjelajah alam Kaltim,” jelas Agus lagi.

AHK menambahkan bahwa berbagai event olahraga ini tidak hanya bermanfaat bagi wisatawan. Tetapi juga bagi masyarakat lokal yang terlibat dalam penyelenggaraan dan partisipasi. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal bisa digandeng untuk meningkatkan produktivitasnya. Sehingga perekonomian bisa bermanfaat bagi semuanya.

Agus Hari Kesuma (AHK) saat menyemangati para peserta yang memeriahkan olahraga industri pariwisata Kaltim di Borneo Mix Trail (BMT) belum lama ini

Dikatakannya, bahwa event-event olahraga ini dapat meningkatkan kesehatan, keterampilan, kebersamaan. Terlebih kreativitas masyarakat lokal.

“Kita harap event-event olahraga ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Kaltim. Kita juga harap event-event olahraga ini bisa menjadi sarana promosi dan diplomasi bagi Kaltim di mata dunia,” urai AHK.

AHK mengungkapkan bahwa Dispora Kaltim akan terus berupaya untuk mengembangkan sport tourism di provinsi ini. Salah satu rencananya adalah, mengadakan event Borneo Mix Trail di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun 2024 mendatang.

“Kita sudah koordinasi dengan Asosiasi Lari Trail Insonesia (ALTI) Kaltim untuk kembali mengadakan event Borneo Mix Trail di IKN. Ini akan menjadi event yang spektakuler dan bersejarah. Kita akan tunjukkan bahwa IKN bukan hanya ibu kota baru Indonesia. Tetapi juga ibu kota olahraga Indonesia,” pungkas AHK. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan