29/05/2024

Komisi IV DPRD Kaltim Sarankan UKS Kerjasama dengan Puskesmas

0
Puji Setyowati

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda-Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan komponen utama menangani permasalahan kesehatan di sekolah. Jadi UKS sebagai sarana terpenting untuk disediakan di berbagai satuan pendidikan di Benua Etam ini. Tetapi bidang pelayanan juga harus memenuhi standar. Caranya bisa kerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

BANK KALTIM KPR

Keharusan adanya UKS dan kerjasama untuk pelayanan itu datang dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati. Dia menyarankan setiap sekolah tidak mengesampingkan kehadiran UKS. Karena UKS memiliki peranan penting. Yakni sebagai penjamin pertolongan pertama bagi siswa-siswi yang sakit ketika jam pelajaran sekolah.

“Pertolongan pertama bagi siswa dan siswi di sekolah ya pelayanan UKS. Karena mereka jauh dari tempat tinggalnya. Sehingga diharapkan UKS dapat menjadi tempat untuk mereka beristirahat atau mendapatkan penanganan awal,” jelas Puji Styowati.

Urai Politisi Partai Demokrat ini, bahwa seharusnya UKS bisa kerjasama dengan Puskesmas di wilayah sekolah berada. Bertujuan saat siswa-siswi membutuhkan pertolongan lebih lanjut. Yakni kondisinya yang perlu mendapatkan penanganan dari tenaga profesional. Maka tenaga kesehatan Puskesmas setempatlah dapat bertanggungjawab. Yaitu melakukan penanganan awal sebelum dirujuk ke fasilitas kesehatan (Faskes) yang memadai seperti Rumah Sakit (RS).

“UKS bisa menghadirkan dokter jika sewaktu-waktu dipanggil. Atau kerja sama dengan pola penjadwalan rutin kunjungan ke UKS,” beber Puji.

Puji menyampaikan, keberadaan UKS sejatinya tidak hanya diperuntukan kepada siswa dan siswi yang bersekolah saja. Akan tetapi UKS dapat dimanfaatkan masyarakat. Terutama yang tinggal disekeliling satuan pendidikan. Yakni untuk mendapatkan penanganan dasar apabila jalinan kerja sama telah dilakukan.

“Karena standar UKS sudah seperti standar kesehatan. Jadi diperbolehkan selama masih dalam jam sekolah,” bebernya.

UKS ini perananya cukup penting. Puji menaruh harapan kepada setiap sekolah untuk tak menyepelekan kehadiran UKS. Disebutnya jika memang memungkinkan pihak sekolah perlu meningkatkan fasilitas UKS yang ada saat ini,(Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan