29/05/2024

Samsun Dorong Pemprov Kaltim Bangun PLTS Komunal untuk Desa Tanpa Listrik

0
Muhammad Samsun Wakil Ketua DPRD Kaltim

Muhammad Samsun Wakil Ketua DPRD Kaltim

AspirasiNews.id, Samarinda-Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun menilai Provinsi Kaltim mengalami over energy. Namun masih banyak potret berbagai pelosok desa di Benua Etam ini yang masih gelap gulita tanpa dialiri listrik.

Kata Samsun, diharuskan dengan kelebihan energi, semua daerah di Kaltim bisa teraliri listrik. Karena tingkat elektrifikasi di Kaltim harusnya sudah di atas 90 persen. Elektrifikasi merupakan proses powering menggunakan listrik yang biasanya berhubungan dengan pengisian daya berasal dari sumber luar.

“Seharusnya di Kaltim sudah tidak ada lagi daerah atau spot yang belum mendapat aliran listrik. Jika ada yang belum, kemungkinan memang daerah tersebut terlalu jauh dengan jalur saluran listrik yang ada,” jelas Samsun.

Politisi PDIP ini menjelaskan, untuk desa terpencil kemungkinan akan menimbulkan biaya yang lebih besar untuk penyambungan aliran listrik. Dikarenakan jarak desa itu letaknya memang jauh. Menurutnya, hal tersebut tak bisa dijadikan alasan. Karena saat ini sudah ada inovasi energi baru terbarukan (EBT).

“Contohnya di Kukar. Sudah ada beberapa desa yang menggunakan energi tenaga surya,” sebut Samsun.

Dinilai Samsun, membangun EBT dengan tenaga surya menjadi opsi yang paling memungkinkan di Kaltim. Terutama bagi desa di pelosok dan terpencil. Solusinya dengan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) komunal.

Tentunya semua itu perlu dukungan dari Pemprov Kaltim agar bisa terwujud. Jadi Samsun mendorong Pemprov Kaltim untuk segera melakukan langkah tepat demi kesejahteraan masyatakat.

“Untuk berbagai desa yang memang tidak terjangkau aliran listrik, solusinya bisa dengan memberikan PLTS komunal. Tapi itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah kabupaten. Kalau bisa didukung juga oleh pemprov,” ujar Samsun. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan