30/05/2024

Dana Besar APBD Kaltim Harus Digunakan untuk Meningkatkan Kesejahteraan

0
Salehuddin

Salehuddin

AspirasiNews.id, Samarinda- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalimantan Timur (Kaltim) melonjak jauh diluar prediksi semula. Awalnya diestimasi hanya mencapai angka Rp 14 triliun, kini berhasil meroket menjadi Rp 25 triliun.

BanKaltimtara / Bank Kaltim-Kaltara

Dengan APBD yang besar ini kata Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Salehuddin, seharusnya terjadi perubahan yang signifikan terhadap pembangunan di Bumi Mulawarman. Termasuk, isu-isu krusial yang selama ini dianggap belum tuntas dan terselesaikan.

“Porsi APBD yang besar ini seharusnya bisa berbanding lurus dengan program-program di Kaltim. Kita berharap angka kemiskinan bisa turun, pengangguran terbuka juga bisa turun, angka stunting turun,” ungkapnya.

Sementara itu, partisipasi pendidikan anak-anak di Kaltim diharapkan bisa meningkat sejalan dengan pertumbuhan dana APBD di Kaltim. Mengingat, angka putus sekolah di Bumi Etam cukup besar.

“Ada sekolah yang para pendidiknya itu rentan putus sekolah, termasuk beberapa daerah-daerah terpencil. Notabene sekolah di sana itu kan semuanya semacam formalitas saja,” bebernya.

Kebanyakan dari mereka yang putus sekolah ini menganggap jika sudah sekolah lalu lulus, maka tidak perlu lagi melanjutkan hingga ke Perguruan Tinggi. Jadi, pendidikannya cukup jenjang SLTP atau SLTA saja.

“Kalau mereka sudah bisa kerja di pertanian, perkebunan sawit atau pertambangan di sana, ya mereka mikirnya sudah selesai. Sekolah itu dianggap hanya formalitas saja. Padahal hak pendidikan anak-anak harus terpenuhi,” terangnya.

“Saya pikir itu menjadi perhatian kita. Sekali lagi, Fraksi Golkar berharap dana yang besar ini bisa mengatasi semua permasalahan yang menjadi PR kita selama ini. Terutama, sesuai dengan visi misi Kaltim yang tertuang dalam RPJMD, yang sebelumnya sudah disepakati,” ujar Salehuddin. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan