17/04/2024

8 Atlet Jujitsu Kaltim Masuk Babak Kualifikasi PON XXI 2024 di Semua Kelas Tanding

0
Dispora Kaltim-Jujitsu Kaltim

TIM Cabor Jujitsu Kaltim yang dikirim ke BK PON Bekasi

AspirasiNews.id, Samarinda- Kaltim patut optimis menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 mendatang di Aceh Sumatera Utara (Sumut). Khususnya cabang olahraga (Cabor) Jujitsu atau bela diri. Karena delapan atlet Jujitsu Kaltim telah memasuki babak kualifikasi (BK) pertandingan nasional akbar 4 tahunan itu pada 2024 mendatang.

BanKaltimtara / Bank Kaltim-Kaltara

Saptoko, Wakil Ketua Umum (Waketum) Jujitsu Kaltim menjelaskan pelaksanaan BK PON untuk cabor Jujitsu dilakukan di Bekasi. Tepatnya di GOR Asrama Haji Bekasi. Jadi saat ini ada 8 atlet Jujitsu Kaltim dari semua kelas tanding telah dikirim pada 27-29 Oktober 2023.

“Kami dari Kaltim membawa delapan atlet Jujitsu ke BK PON 2024 di Bekasi. Mereka akan mengikuti semua kelas tanding yang ada. Jadi tidak ada yang dobel. Satu atlet main di satu kelas,” jelas Saptoko mewakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kaltim, H Agus Hari Kesuma (AHK).

Harap Saptoko, tim Jujitsu Kaltim yang berangkat itu bisa masuk kategori tiga besar. Pihaknya akan memaksimalkan perolehan hasil nilai yang terbaik. Terlebih Cabor Jujitsu di Benua Etam ini masuk sebagai cabor harapan saat pulang memboyong mendali. Hal ini diperkuat dengan keputusan di BK PON. Yakni hanya ada delapan nomor tanding dan tidak ada seni dalam pagelarannya.

“Jujitsu Kaltim harus optimis dan harus bisa membawa yang terbaik untuk nama Kaltim. Kelas tanding ada empat di newaza atau perkelahian bawah. Kemudian ada empat kelas di fighting system atau perkelahian bebas,” beber Saptoko.

Saptoko mebeberkan tim Jujitsu Kaltim tidak menargetkan peraihan medali emas, perak atau perunggu. Tetapi yang diutamakan bisa lolos ke PON 2024. Karena dari delapan atlet yang dibawanya itu ditarget minimal ada empat nomor atau empat atlet bisa lolos ke PON XXI Aceh Sumut 2024 mendatang.

TIM Jujitsu Kaltim yang dikirim ke BK PON Bekasi

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim, Rusdiansyah Aras menyampaikan apresiasi tinggi. Terutama pada jajaran pengurus Jujitsu Kaltim. Karena telah mempersiapkan atletnya sejak dari seleksi provinsi (selekprov) hingga berangkat ke BK PON.

“Mudah-mudahan tim ini nantinya bisa memberikan sesuatu yang membanggakan untuk kita dan Kaltim. Optimis menghadapi PON XXI di Aceh dan Sumut. Semoga pulang memboyong mendali,” harap Rusdi. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan