28/05/2024

PAMA Ciptakan SDM Siap Kerja

0

Buka Program Magang Lulusan SMK di Wilayah Operasional

TIGKATKAN kualitas SDM lulusan SMK dengan program magang kerja tambang bersama PAMA.

Samarinda, AspirasiNews.id – PT Pamapersada Nusantara (PAMA) Distrik ABKL Rabu (31/8) pagi tadi sukses malaksanakan opening program magang kerja 2022 bagi 25 peserta. Terdiri dari para lulusan SMK Bhakti Loa Janan Samarinda dan SMK Geologi Pertambangan tenggarong.

Agenda rutin tahunan PAMA ini dilaksanakan di Aula PAMA ABKL, Jalan Surabaya Samarinda. Disaksikan Kepala Dinas (Kadis) Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Trasnaker) Kukar, H Akhmad Hardi Dwi Putra dan Kepala Sekolah SMK Bhakti Loa Janan, Sugianto. Tampak para top manajemen PAMA ABKL juga mengundang orang tua siswa program magang PAMA 2022.

SEPRINALDI bersma perwakilan top manajemen PAMA ABKL menyematkan helm dan bendera tanda keselamatan dilapangan pada perwakilan 25 peserta magang disaksikan tamu undangan.

“Proses pemagangan ini agenda rutin tahunan PAMA dalam memberdayakan sumberdaya manusia (SDM) di seputaran lokasi wilayah kerja. Melalui program Ijon dan BKK,” jelas Deputy Project Manager PT PAMA Distrik ABKL, Saptodewo didampingi HCGS Departement Head, Seprinaldi.

Saptodewo mengatakan proses rekrut tenaga magang lulusan SMK ini tentunya melalui seleksi berbagai tahapan yang cukup ketat. Sehingga dari 400 pendaftar, yang memenuhi kriteria 25 peserta terbaik. Dijadwalkan mulai Kamis (1/9/2022) mereka langsung memulai program magang di lokasi kerja PAMA.

PAMA dalam mencetak SDM sekitar wilayah kerja agar lebih produktif patut dijadikan contoh perusahaan lain

Saptodewo berpesan, bagi para lulusan SMK yang kini masuk di dunia kerja harus bisa segera beradaptasi. Mulai dari sistem kerja, aturan, prosedur. Sehingga dalam masa training 4 bulan kedepan bisa menguasai sistem kerja. Kemudian jika dinilai kompeten akan dilakukan PKWT 1 dan 2 tentunya dangan pendampingan oleh manajemen selama 1 tahun.

SAPTODEWO memberikan semangat dan informasi tata cara memasuki dunia kerja di PAMA harus disiplin.

“Saat memasuki dunia kerja dengan berbagai metode pengaturan akan ada jenjang karier. Kami harapkan ini menjadi motivasi bagi siswa atau adik kelasnya agar semangat meraih harapan untuk kerja di PAMA,” jelas Saptodewo diamini Damin dan Fajrul Soleha Bana, People Development HC PAMA ABKL sekaligus Panitia Program ini.

Akhmad Hardi menguraikan bahwa Pemerintah Kukar mengapresiasi program kerja PAMA melakukan pemagangan dari SMK. Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM produktif dan mengurangi pengangguran.

MANAJEMEN PAMA Pemerintah Pemkab Kukar melalui Trasnaker dan lembaga pendidikan trrus sinergi cetak SDM produktif di Kukar

“Kita harus terus berkolaborasi antara pemerintah, industri dan lembaga pendidikan. Agar para generasi angkatan kerja semuanya bisa produktif mendapatkan pekerjaan. Kegiatan seperti ini bisa dicontoh oleh perusahaan lain di Kukar dan Kaltim secara berkelanjutan,” harap Akhmad Hardi diamini Abdul Wahid, Ketua BKK Waka Kesiswaan SMK Geologi Pertambagan Tenggarong.(admin1)

Tinggalkan Balasan