28/05/2024

Kutim Ekspor 40 Ton Pisang Kepok Grecek Kaubun ke Jepang

0
Pisang Kepok Grecek Kaubun Kutim diekspor ke Jepang

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman potong pita tanda pelepasan Pisang Kepok Grecek Kaubun yang akan diekspor menuju Jepang. (Irfan)

AspirasiNews.id, Kaubun- Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman melepas secara simbolis produk unggulan Kecamatan Kaubun yakni Pisang Kepok Grecek menuju pasar luar negeri. Ini adalah hasil dari perkebunan yang dikelola oleh Koperasi Taruna Bina Mandiri (TBM) Desa Kadungan Jaya Kecamatan Kaubun, Kamis (1/2/2024) lalu. Yakni sebanyak 40 ton pisang akan diekspor menuju Negara Matahari Terbit Jepang.

BANKALTIM CMS

Dalam momen itu, Ardiansyah memotong pita di bagian depan truk yang sudah diisi pisang siap kirim. Ia pun berharap dari ekspor pisang ini bisa menambah sisi kualitas dan kontinuitas pisang kepok grecek. Karena mendapatkan kepercayaan yang baik dari pasar luar negeri.

“Tentu saya memberikan apresiasi kepada Koperasi TBM Kaubun yang telah memberikan usaha-usaha untuk pemasaran baru di luar negeri. Tinggal dianalisis apakah mempunyai keuntungan besar terus dikawal. Intinya, ini usaha yang luar biasa patut kita apresiasi dan kita kembangkan,” tegas Ardiansyah.

Ia berharap melalui peluncuran ekspor pisang ini ke Jepang akan bisa meningkatkan kesejahteraan petani di Kecamatan Kaubun.

“Jadi petani semakin semangat dan produktif serta konsisten dalam pengembangan pemasaran pisang kita di pasar luar negeri. Ini bukti produk dari hasil sumber daya alam (SDA) Kutim bisa bersaing,” urainya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Taruna Bina Mandiri (TBM) Kaubun Priyanto melaporkan bersyukur jika awal tahun ini pihaknya bisa melakukan ekspor pisang dan kali ini permintaan dari negara Jepang.

“Ada 40 ton pisang kepok grecek dari Desa Kadungan Jaya siap kirim dan diangkut menggunakan 8 truk. Perjalanan pengantaran dari Kecamatan Kaubun menuju pelabuhan peti kemas Kota Balikpapan,” sebutnya.

Priyanto pun berkomitmen bersama timnya bisa eksis dalam kegiatan ekspor pisang kepok grecek Kaubun ini.

“Kita terus diberikan kepercayaan untuk bisa mengirim produk asli Kaubun ini ke luar negeri. Karena memang bahan baku pisang kita sangat berkualitas,” singkat Priyanto.(Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan