21/07/2024

Tekan Laka Lantas, Kapolresta Samarinda Patroli Humanis

0
Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadly (kanan) bersama Kasatlantas Kompol Creato Sanitehe Gulo (kiri) melakukan Pratroli Humanis

Tekan Laka Lantas, Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadly (kanan) bersama Kasatlantas Kompol Creato Sanitehe Gulo (kiri) melakukan Pratroli Humanis dengan motor diberbagai titik jalan di Kota Tepian

AspirasiNews.id- Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli menyatakan komitmennya dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas (lalin) di wilayah hukumnya. Pihaknya melakukan berbagai gebrakan program. Diantaranya dengan Patroli Humanis di sejumlah titik di Kota Samarinda. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang faktor keselamatan saat berkendara.

BANKKALTIM DG

Dijelaskannya di Samarinda, Selasa (2/1/2024), Patroli Humanis ini dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari memberikan himbauan, edukasi, dan bantuan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Seperti tidak menggunakan helm, tidak memakai sabuk pengaman, atau tidak membawa surat-surat kendaraan.

“Kami tidak memberikan sanksi tilang langsung. Tetapi kami memberikan arahan dan bimbingan kepada mereka agar tidak mengulangi pelanggaran,” ujar Kapolresta Samarinda, Ary Fadli didampingi Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas Polresta Samarinda, Kompol Creato Sanitehe Gulo SH SIK MH.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya fatalitas kecelakaan lalu lintas, yang sering disebabkan oleh kelalaian pengendara sendiri. Ia berharap, dengan adanya Patroli Humanis ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya keselamatan berkendara dan mentaati peraturan lalu lintas.

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadly (kiri) bersama Kasatlantas Kompol Creato Sanitehr Gulo (kanan) melakukan Pratroli Humanis dengan motor.

Ary Fadli mengatakan, penyebab utama Laka Lantas antara lain karena kelalaian pengemudi, seperti tidak mematuhi rambu-rambu, melanggar marka jalan, mengemudi dalam keadaan tak sadar (mabuk), dan menggunakan ponsel saat berkendara.

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keselamatan di jalan raya, dengan cara mengutamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jangan sampai ada korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas yang sebenarnya bisa dicegah,” tutur Ary.

Pihaknya berharap, dengan adanya Patroli Humanis ini, masyarakat dapat merasakan kehadiran polisi yang peduli dan humanis. Juga diharapkan dengan upaya-upaya ini, korps baju cokelat sabuk putih ini dapat menekan angka Laka Lantas di Samarinda. Sehingga mampu menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar.

Polresta Samarinda-Betakun Pak Kapolresta
Polresta Samarinda-Betakun Pak Kapolresta 24 jam

”himbauan secara humanis ini terus dilakukan bagi pengendara secara digital dengan camera sehingga terecord. Namun jika kedapatan lagi kedua kalinya bagi pelanggar kami tidak segan melakukan tilang,” jelas Gulo. (Adv)

Tinggalkan Balasan