16/06/2024

Jokowi Groundbreaking Polres dan Kodim IKN Berteknologi AI dengan Anggaran Rp 160 Miliar, Siap Dipakai Upacara 17 Agustus 2024

0
Jokowi Groundbreaking Polres dan Kodim IKN

Presiden Jokowi saat membweikan keterangan sebelum groundbreaking Polres dan Kodim IKN

AspirasiNews.id, Sepaku- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kali ini groundbreaking Markas Kepolisian Resor (Polres) IKN yang berada di kawasan IKN. Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), pada Kamis (21/12/2023). Menurut Presiden Jokowi, Markas Polres (Mapolres) IKN ini dibangun di atas lahan seluas 12 hektare.

BANKALTIM EMAS

“Alhamdulillah pada pagi hari ini kita akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Polres khusus kawasan IKN,” ujar Jokowi dalam sambutannya sebagaimana dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

Presiden Jokowi menyebutkan, mapolres harus dibangun dengan konsep hijau (green building) karena dibangun di IKN. Kemudian jadwal pembangunan akan selesai dalam waktu 6 bulan kesepan.

Jokowi bersama Kapolri, Panglima Kepala Otorita serta para menteri didampingi Pj Gubernur Kaltim saat groundbreaking Polres dan Kodim IKN

“Pembangunan gedung Polres ini akan dibangun sekitar sembilan bulan dengan anggaran sebesar Rp 160 miliar,” tuturnya.

Sehingga Kepala Negara meminta agar desain awal bangunan Mapolres IKN sedikit dikoreksi. Supaya lebih memunculkan konsep hijau.

“Kemudian mumpung ini juga baru awal. Saya tadi disampaikan oleh Kapolri bahwa akan ada CCTV di semua sudut. Akan ada command centernya. Jadi akan ada analisis untuk AI-nya. Saya minta sejak awal disiapkan dan direncanakan,” jelas Jokowi.

Diuraikan Jokowi, bahwa Mapolres IKN ini akan dijadikannya contoh. Bahwa IKN adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali ke depan.

Jokowi saat melakukan cek peta market di papan usai groundbreaking yang dijelaskan oleh anggota Polri

Kepala Negara menjelaskan, Polres IKN akan diperkuat oleh 750 personil. Kemudian wilayah kerja Polres IKN meliputi enam Kepolisian Sektor (Polsek).

“Saya senang bahwa personelnya sudah ditempatkan, disiapkan, di Polda seluruh jajaran Polres di Kalimantan Timur. Sehingga pada saat nanti Polres khusus IKN ini selesai tinggal langsung digeser 750 personel tadi ke Polres di IKN ini,” ujar Jokowi.

Jokowi juga berharap kehadiran Porles khusus IKN ini betul-betul akan meningkatkan pelayanan dan perlindungan. Khususnya kepada masyarakat IKN.

“jadi bisa memperkuat penegakan hukum. Meningkatkan stabilitas dan keamanan di wilayah IKN,” tambahnya.

Jokowi didampingi Kapolri dan Panglima serta para menteri meninjau lokasi

Presiden Joko Widodo juga melakukan prosesi groundbreaking gedung Kodim selain Polres IKN. Yakni diklaim memiliki konsep modern green building.

Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) di kawasan IKN mengusung konsep ruang terbuka hijau. Desain kantor Kodim di IKN diharapkan bisa menjadi contoh bagi kantor Kodim lainnya di Indonesia.

Pembangunan kantor Kodim dimulai pada Januari tahun 2024, dan ditargetkan selesai sebelum pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 mendatang.

Acara groundbreaking Polres dan Kodim IKN ini dihadiri Mensesneg Pratikno, Menteri ATR Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Kemudian Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun. Juga Kapolda Kaltim, Irjen Pol Drs Nanang Avianto MSi. (***)

Tinggalkan Balasan