27/02/2024

PAMA Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan, Siapkan Generasi Emas Berkarakter Nasionalisme Tinggi

0
PAMA ABKL-Seminar Wawasan Kebangsaan

PAMA Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan pada puluhan siswa-siswi ini untuk Siapkan Generasi Emas Berkarakter Nasionalisme Tinggi di seluruh jobsite

AspirasiNews.id, Loa Janan- PT Pamapersada Busantara (PAMA) Distrik ABKL kembali menyelenggarakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR)-nya. Diaplikasikan lewat Program Seminar Pendidikan (PSP) bertema “Wawasan Kebangsaan” bagi siswa-siswi tingkat sekolah atas di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kegiatan ini menggandeng Polsek Loa Janan dan Koramil Loa Janan sebagai narasumbernya pada Selasa (19/12/2023).

BANK KALTIM KPR

Acara yang membangkitkan rasa cinta tanah air bagi generasi usia remaja ini bertempat di Aula SMA Negeri 1 Loa Janan dan dihadiri oleh 80-an siswa-siswi kelas-XII. Momen spesial ini dihadiri oleh Didik Guru Kesiswaan dan dari pihak PAMA BKL. Diantaranya Ramses Pasaribu Departement Head Plant, Johannes Siregar CSR dan Damin Section Head. Selanjutnya dari Polsek Loa Janan ada Budiono Kanit Binmas, Zulkifli Babhinkamtibmas, dan Sugi selaku Batuud Koramil Loa Janan.

“Kami menyambut baik kegiatan semacam ini dan kita dari pihak sekolah sangat mengapresiasi PAMA ABKL. Kami ucapkan terimakasih pada pihak perusahaan yang sudah memberikan perhatian dan seminar ini kepada siswa-siswi di sekolah kami. Semoga kedepannya akan ada program-program lain yang bisa diberikan kepada sekolah kami,” tutur Didik perwakilan dari SMA Negeri 1 Loa Janan.

Ramses Pasaribu juga menyampaikan pada sambutannya. Bahwa seminar ini sangat penting bagi adik-adik pelajar sebagai bekal di masa depan. Terlebih akan memasuki kuliah atau bekerja dan bersosialisasi di lingkungan bermasyarakat.

Seminar wawasan kebangsaan pada puluhan siswa-siswi SMAN 1 Loa Janan dilakukan oleh PAMA ABKL menggandeng Polsek Loa Janan dan Koramil Loa Janan.

“Para pelajar ini adalah calon penerus generasi emas masa depan bangsa. Jadi perlu dipersiapkan karakter jiwa kebangsaannya sejak dini. Dikarenakan kedepan dampak dari banyaknya perubahan akan cukup dinamis. Terlebih saat hadirnya pembangungan IKN di Kaltim,” jelas Ramses.

Tambah Ramses, Wawasan Kebangsaan ini perlu disosialisasikan kepada para siswa. Terutama tentang pemahaman dan kesadaran tentang nilai-nilai sejarah, budaya, dan identitas nasional. Hal diyakininya sangat penting untuk membentuk generasi muda yang memiliki rasa cinta dan tanggung jawab terhadap negara dan bangsa Indonesia.

Damin mengatakan pihaknya rutin melaksanakan berbagai kegiatan Seminar Pendidikan bagi sekolah-sekolah yang ada disekitar operasional PAMA. Sehingga keberadaan PAMA mampu meberikan manfaat positif bagi peningkatan kualitas di bidang pendidikan.

Seminar wawasan kebangsaan PAMA ABKL ini wujud nyata perusahaan untuk pembangunan SDM berkarakter nasionalisme tinggi

“Ini sebagai wujud nyata perusahaan dalam berkontribusi untuk pembangunan berkelanjutan. Terutama bidang sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kutai Kartanegera khususnya di Loa Janan,” seru Damin.

Johanes juga menguraikan, kegiatan serupa telah dilakukan di seluruh jobsite PAMA. Yakni mengadakan kegiatan seminar sosialisasi wawasan kebangsaan tersebut secara masif pada siswa. Hal tentunya diyakini pihaknya untuk membentengi diri para generasi muda dari banyaknya disinformasi. Yaitu informasi palsu yang berasal dari internet dan kemajuan era digitalisasi yang tidak terbendung. Tentunya hal itu sangat berbahaya, karena dapat memecah kebhinekaan dan keberagaman bangsa Indonesia.

“Kami dari PAMA merasa terpanggil, sehingga perlu diadakan sosialisasi ini. Agar pemahaman wawasan kebangsaan kepada pelajar lebih utuh dan kontekstual. Jadi kami menggandeng pihak TNI dan Polri,” pungkas Johannes Siregar.(Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan