16/06/2024

Dispora Kaltim Harapkan DOD Jadi Kunci Sukses DBON Cetak Atlet Prestasi

0
Dispora Kaltim-Cetak Prestasi

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK)

DISPORA KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Desain Olahraga Daerah (DOD) disebut-sebut akan menjadi kunci penentu langkah dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim. Diketahui DOD saat ini telah memasuki tahap penyelesaian akhir di Oktober 2023. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK), menyampaikan bahwa ia telah meneliti draft naskah DOD 2023-2026. Yang dirancang oleh tim pakar dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) tersebut.

BANK KALTIM KPR

Terlihat roadmap tersebut dianggap sebagai suatu pencapaian bersejarah dalam dunia olahraga di Benua Etam. Namun AHK berharap adanya turunan dari peta jalan DOD itu. Sehingga bisa segera dilakukan tindak lanjut dalam mencetak bibit atlet.

“Jika ada turunan, aspek-aspek teknis di setiap bidang akan menjadi lebih terarah dan terukur. Sebab DOD merupakan panduan umum yang perlu turunan,” kata AHK, Senin (27/11/2023).

AHK melihat adanya tiga peta jalan yang akan menyesuaikan struktur organisasi. Yaitu peta jalan untuk olahraga pendidikan, industri olahraga, dan pariwisata olahraga.

Pembinaan atlet usia dini yang dilakukan oleh Dispora Kaltim melalui DBON

“Saat kita memiliki ketiga roadmap tersebut, DBON Kaltim akan lebih terperinci dalam melaksanakan programnya. Ini akan memberikan dampak positif terhadap tujuan utamanya. Yakni dalam mencetak atlet dan strategi dameraih prestasi,” ujar Agus Hari Kesuma lagi.

Dicontohkan AHK, untuk industri olahraga iu ada cabang bola basket. Melalui roadmap, akan dibahas aspek-aspek pendukungnya. Seperti lokasi akademi bola basket, dan tempat serta fasilitasnya.

“Hal itu kita katakan sebagai pendekatan “one stop to olahraga”. Yakni atlet tidak hanya dididik saja. Tetapi juga bisa menghasilkan,” beber Agus Hari Kesuma. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan