27/07/2024

Ketua DPRD Kaltim Ikuti Pembekalan Antikorupsi Oleh KPK di Jakarta

0
Hasanuddin Mas’ud

Hasanuddin Mas’ud, Ketua DPRD Kaltim (empat kanan) menerima penghargaan dari panitia Paku Integritas KPK RI di Jakarta

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Jakarta- Hasanuddin Mas’ud, Ketua DPRD Kaltim telah mengikuti kegiatan pembekalan antikorupsi untuk penyelenggara negara. Kegiatan itu dihelat di Auditorium Pusat Edukasi Antikorupsi KPK RI, Rabu (22/11/2023) hingga Kamis (23/11/2023). Kegiatan tersebut bertujuan untuk Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) Tahun 2023.

BANKALTIM CMS

Paku Integritas ini adalah salah satu program pendidikan yang dilaksanakan oleh KPK. Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang antikorupsi. Khusus bagi para penyelenggara negara di kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah.

“Kami sangat mengapresiasi program ini. Karena sangat bermanfaat bagi kami yang berkecimpung di pemerintahan. Kami mendapatkan banyak ilmu dan wawasan tentang bagaimana mencegah dan menangani korupsi secara efektif dan profesional,” jelas pria yang akrab disama Hamas ini.

Program itu meliputi dua kegiatan utama. Yaitu pembekalan antikorupsi (executive briefing), bagi penyelenggara negara beserta pasangannya. Kemudian pendidikan dan latihan (Diklat) pembangunan integritas bagi para penyelenggara negara.

“Dalam program ini juga menyediakan pembekalan antikorupsi bagi pasangan penyelenggara negara. Istri atau suami,” kata Hamas lagi.

Para peserta kegiatan yang diselenggarakan KPK RI ini meliputi. Para pimpinan dan pejabat struktural Eselon 1 di lingkungan kementerian atau lembaga. JUga pemerintah daerah yang menjadi fokus area KPK 2023. Fokus area tersebut meliputi sumber daya alam (SDA), tata kelola keuangan, birokrasi dan hukum, politik serta pelayanan publik.

Hamas mengatakan bahwa Dirinya merasa terbantu dan terinspirasi oleh program Paku Integritas. Ia mengaku bahwa sebagai penyelenggara negara, dirinya memiliki tanggung jawab besar. Yakni untuk mencegah dan memberantas korupsi di daerahnya.

Ia juga berharap agar program ini dapat menumbuhkan komitmen dan integritas yang tinggi di kalangan para penyelenggara negara. Selain itu juga ia mengaku mendapatkan motivasi dan dukungan dari KPK. Untuk berintegritas dalam menjalankan tugas dan amanah.

“Tentunya ada motivasi dan kami bisa menjalankan tugas sesuai amanah,” ujar Hamas lagi.

Legislator Golkar ini menguraikan, bahwa program ini juga memberikan kesempatan bagi para penyelenggara negara, untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan KPK. Temasuk sesama peserta. Dengan harapan program ini dapat terus berlanjut dan diperluas ke daerah-daerah lain. Agar semakin banyak penyelenggara negara yang terlibat dan teredukasi.

“Kami berterima kasih kepada KPK yang telah menyelenggarakan program ini dengan baik dan profesional. Kami berharap agar program ini dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi penyelenggara negara lainnya. Kami juga berharap agar KPK dapat terus bekerja sama dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam upaya pemberantasan korupsi,” pungkas Hasanuddin Mas’ud. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan