21/02/2024

Agiel Sebut Sektor Ekonomi di Kaltim Belum Maksimal, Dinas Terkait Harus Tanggap

0
Agiel Suwarno

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno

DPRD KALTIM

AspirasiNews.id, Samarinda- Pengembangan bidang ekonomi di Kaltim banyak dinilai berbagai pihak belum maksimal. Sehingga pendapatan asli daerah (PAD) juga tidak optimal. Hal ini dilontarkan oleh Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno. Diketahuinya bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 mendatang sebesar Rp 20,675 Triliun. Namun menurutnya, angka tersebut belum maksimal dari potensi yang dimiliki Benua Etam.

BANKALTIM EMAS

Legislator PDI Perjuangan itu mengatakan ada beberapa sektor yang kurang diperhatikan pemerintah sehingga PAD Kaltim belum optimal. Diantaranya seperti perikanan dan pertanian.

“Dua sektor ini sangat memungkinkan untuk menjadi lahan peningkatan PAD di Kaltim,” kata Agiel, Senin (20/11/2023).

Diungkapkan Agiel, pengembangan sektor pertanian ini sangat mungkin dikembangkan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Pertanian. Selain padi sebagai bahan pokok, di Kaltim juga ada hasil pertanian lain yang bisa di maksimalkan. Dicontohkannya adalah tanaman bawang di Kutai Timur (Kutim).

“Pertanian itu sangat dimungkinkan. Misalnya jenis bawang. Saat ini kita masih didatangkan dari luar. Padahal disini ada, seperti daerah Kutim. Ada petani yang sudah berhasil menanam bawang,” ujar Agiel.

Agiel menambahkan, seharusnya dinas terkait bisa tanggap dalam mendorong potensi pertanian yang ada di Kaltim ini. Agar percepatan ekonomi segera dirasakan. Terutama bagi petani dan masyarakat luas.

“Dinas pertanian tentunya harus mendukung para petani kita di Kaltim. Kalau memang memerlukan bantuan apa pun, dibantu. Artinya harus tanggap dengan potensi yang ada,” pungkas legislator dari daerah pemilihan (Dapil) Kutim, Bontang Berau ini. (Adv/Adm1)

Tinggalkan Balasan